Pemkot Bandung Resmikan Program PIK untuk Edukasi Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja

- 27 Oktober 2022, 13:00 WIB
Launching Optimalisasi Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) di Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) bertempat di SMPN 4 Bandung Rabu, 26 Oktober 2022.
Launching Optimalisasi Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) di Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) bertempat di SMPN 4 Bandung Rabu, 26 Oktober 2022. /Diskominfo Kota Bandung/

PRFMNEWS - Untuk mengedukasi kesehatan reproduksi pada remaja, Pemerintah kota (Pemkot) Bandung meresmikan program Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) di Sekolah Siaga Kependudukan (SSK).

Peresmian Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) dilakukan di SMPN 4 Bandung, pada Rabu 26 Oktober 2022.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kenny Dewi Kaniasari menjelaskan, kegiatan Sekolah Siaga Kependudukan dan Kelompok Informasi dan Konseling Remaja (PIK) bertujuan untuk memberikan arah dan pedoman bagi penanggung jawab atau pengelola pendidikan, guru pembina dalam melakukan penggarapan program kependudukan dan pemberdayaan keluarga.

Menurut Kenny, kegiatan tersebut bertujuan diantaranya meningkatkan sebaran informasi pendidikan, konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga bagi remaja segmentasi usia remaja awal (10-14 tahun).

Baca Juga: Perajin Tahu Tempe Jabar Mogok Produksi Mulai Jumat Besok, Tahu Tempe Tak Ada di Pasar Selama 3 Hari

Tidak hanya itu, dengan adanya program tersebut pun meningkatkan pengetahuan remaja segmentasi usia remaja awal (10-14 tahun) tentang kesehatan reproduksi remaja, perilaku berisiko dan persiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

"Pembentukan Pusat Informasi dan Konseling Remaja merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pengetahuan remaja terkait seksualitas, pernikahan Dini dan HIV/AIDS," ujar Kenny," seperti yang dikutip prfmnews.id dari Laman Resmi Pemkot Banudng pada Kamis 27 Oktober 2022.

Kenny menerangkan, hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan No. PK. 03.02.07/7425-Disdik/IX/2022 Tentang Pembentukan Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Tingkat SMP Kota Bandung.

Baca Juga: 20 Quotes Hari Sumpah Pemuda Pembangkit Semangat,dari Para Tokoh Nasional

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x