Dianggap Terlantar, Pemkot Bandung Klaim Mesin Parkir Berfungsi: Satu Bulan Menghasilkan Rp400 Juta

- 13 April 2022, 19:19 WIB
Ilustrasi mesin parkir milik dishub kota Bandung.
Ilustrasi mesin parkir milik dishub kota Bandung. /PRFM

PRFMNEWS - Ratusan mesin parkir di Kota Bandung kembali disoal. Bahkan kali ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyinggung mesin parkir otomatis yang dikhawatirkan masuk kategori barang terlantar.

Perihal tersebut, Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana menampik anggapan tersebut, dan mengklaim saat ini kondisi mesin parkir hanya perlu melakukan optimalisasi.

Menurut Yana Mulyana, untuk menangani hal tersebut Pemkot Bandung melalui Dinas Perhubungan Kota Bandung sudah membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) Parkir menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BLUD).

"BLUD itu bisa memaksimalkan mesin-mesin parkir dan bisa melakukan lelang untuk dilakukan oleh pihak swasta. Sehingga, itu bisa maksimal menjadi penerimaan asli daerah (PAD) Kota Bandung," ujar Yana, di Balai Kota Bandung, Rabu, 13 April 2022.

Baca Juga: Dinas Kesehatan dan Polrestabes Bandung Sediakan Lokasi Pos Vaksinasi di Beberapa Titik untuk Mudik Lebaran

Terpisah, Kepala BLUD Parkir pada Dinas Perhubungan Kota Bandung, Yogi Mamesa menyangkal bahwa mesin parkir otomatis di Kota Bandung termasuk aset yang terbengkalai. Pasalnya pihaknya sedang menjalin kerjasama dengan pihak ketiga untuk optimalisasi aset tersebut.

"Untuk saat ini, mesin parkir tidak terbengkalai masih ada dan masih berjalan. setoran masih masuk juga ke BLUD Parkir. Masalah optimalisasi, kita coba dari sekarang, kita sudah berdiskusi dengan pihak ketiga. Mudah-mudahan di pertengahan tahun ini atau sebelum habis tahun ini kita sudah tercapai kerjasama," ujar Yogi Mamesa saat dihubungi, Rabu, 13 April 2022.

Yogi menjelaskan, dalam satu bulan terakhir saja total pendapatan yang dihasilkan yaitu Rp400 Juta dari sekira 300 mesin parkir. Dengan rincian kondisi mesin parkir yang berfungsi sekitar 75 persen.

Baca Juga: 5 Jenis Minuman Ini Ampuh Turunkan Berat Badan, Salah Satunya Kopi Hitam, Kata dr. Saddam Ismail

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x