Keren, 67 Ambulans Kota Bandung Dipasangi GPS, Bisa Pesan Unit Terdekat Lewat Aplikasi AMS

- 11 April 2022, 07:20 WIB
Ilustrasi Ambulans
Ilustrasi Ambulans /Bojes seran/Pixabay

PRFMNEWS – Sebanyak 67 ambulance (ambulans) dari 88 unit yang tersebar di puskesmas dan fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Bandung sudah dipasangi Global Positioning System (GPS).

Pemasangan GPS pada 67 ambulans untuk lebih mempermudah pelacakan unit terdekat dan pemesanan saat dibutuhkan bisa terwujud atas kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dengan PT. Telkomsel.

Puluhan ambulans tersebut terintegrasi dalam aplikasi Ambulance Management System (AMS) yang dibuat PT. Telkom.

Baca Juga: Berlaku Sejak Pagi, Ini 11 Titik Rekayasa Lalin di Kawasan Istana Negara saat Demo Mahasiswa 11 April

Sehingga memudahkan para petugas Public Safety Center (PSC) 119 Bandung yang dikelola Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung untuk menyediakan ambulans bagi warga yang membutuhkan.

Bahkan, data-data posisi tiap unit ambulans, tujuannya akan ke mana, sampai nomor platnya pun bisa diintegrasikan ke Bandung Command Center (BCC).

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyampaikan apresiasi dan harapannya untuk kemajuan layanan faskes melalui aplikasi AMS yang terintegrasi dengan data GPS pada 67 unit ambulans itu.

Baca Juga: Waspada! Berikut Ini Adalah 7 Ciri-ciri Orang yang Berisiko Tinggi Terkena Stroke, Salahsatunya Adalah Stres

"Waktu Covid-19 Delta itu sempat ada isu kalau banyak ambulans yang sengaja bolak-balik untuk menimbulkan ketakutan di masyarakat. Dengan adanya aplikasi ini kita bisa lihat efektivitas kendaraan ambulans yang beroperasi," katanya, dikutip prfmnews.id dari keterangan tertulis di laman Pemkot Bandung.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x