Segera Diresmikan, Revitalisasi Kawasan Alun-alun yang Sempat Terkendala

- 6 Desember 2021, 20:05 WIB
Hasil revitalisasi Alun-alun Bandung, Senin 6 Desember 2021
Hasil revitalisasi Alun-alun Bandung, Senin 6 Desember 2021 /Humas Bandung.

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana meresmikan Kawasan Alun-alun Kota Bandung hasil revitalisasi dalam waktu dekat.

Sempat terkendala karena Covid-19 sehingga meleset dari target bulan September 2021, rencananya wajah baru kawasan Alun Alun tersebut diresmikan pada 8 Desember 2021 mendatang.

Revitalisasi tersebut merupakan salah satu upaya Pemkot Bandung untuk mempercantik kawasan Alun-alun Kota Bandung sebagai salah satu ikon Kota Kembang. Sejumlah trotoar yang melingkari kawasan alun-alun bakal memiliki wajah baru.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, adanya pengalihan anggaran menjadi kendala mundurnya target revitalisasi kawasan Alun-alun tersebut.

Baca Juga: Truk Militer Myanmar Seruduk Demonstran, 5 Orang Tewas

"Ada Covid-19 kemudian terkendala biaya, untuk keseluruhan," ungkap Ema saat meninjau pengerjaan revitalisasi kawasan Alun-alun Bandung, Senin 6 Desember 2021.

Ema pun menegaskan, revitalisasi dilakukan secara menyeluruh, termasuk dilarangnya Pedagang Kaki Lima (PKL) berjualan diarea zona merah. Sumber anggaran sendiri, lanjutnya, merupakan swakelola antar Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3), dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung serta CSR pihak ketiga.

"Sehingga dalam konsep penataan akan melibatkan tiga organisasi perangkat daerah (OPD). Para PKL Alun-alun telah kita pusatkan di basement, dan tidak boleh ada satupun PKL berjualan di kawasan terlarang," tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala DPKP3, Dadang Darmawan menjelaskan anggaran untuk revitalisasi kewasan Dalēm Kaum yakni Rp 200 juta, begitu juga untuk kawasan Kepatihan. Selain di dua lokasi tersebut, pembenahan di jalan Sukarno, Taman Patung Tentara Pelajar di Viaduct, serta Dago Cikapayang.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x