5 Hotel yang Cocok Bagi Pecinta Sejarah, Nomor 2 Ada di Bandung Pernah Jadi Wisma Tentara Jepang

- 20 Juni 2024, 22:00 WIB
Hotel Savoy Homann Tampak di Malam Hari.
Hotel Savoy Homann Tampak di Malam Hari. /Dok. Savoy Homann

BANDUNG, PRFMNEWS - Menginap di hotel bersejarah bisa menjadi pilihan saat kamu sedang singgah di suatu kota di Indonesia. Setidaknya ada 5 hotel di Indonesia versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang cocok sebagai tempat beristirahat bagi para pecinta sejarah.

“Nginep di hotel bersejarah, yuk! Selain dimanjakan dengan arsitektur unik dan pengalaman asyik, menginap di sini artinya mendukung konservasi bangunan bersejarah, Sob!,” tulis keterangan unggahan di akun Instagram @kemenparekraf.ri,dikutip prfmnews.id pada Kamis 20 Juni 2024.

Hotel-hotel di berbagai kota antara lain Bandung, Surabaya, Yogyakarta hingga Jakarta ini memiliki kisah sejarah masing-masing. Mulai dari tempat istirahat para pejabat pemerintah Belanda atau VOC hingga pusat telekomunikasi Hindia Belanda.

Berikut daftar 5 hotel bersejarah di Indonesia yang tidak hanya memiliki arsitektur bangunan unik namun juga memiliki kisah historikal tersendiri versi Kemenparekraf:

1. Hotel Majapahit

Hotel Majapahit, Surabaya.
Hotel Majapahit, Surabaya. /Surabaya.go.id


Hotel yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, ini dibangun pada tahun 1910. Hotel ini menjadi saksi bisu peristiwa perobekan bendera Belanda oleh arek-arek Suroboyo pada pertempuran 19 September 1945. Bangunannya memiliki arsitektur unik khas Jawa dan Belanda.

2. Hotel Savoy Homann

Seorang pengendara sepeda melintas di depan Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Jumat 1 Januari 2021.
Seorang pengendara sepeda melintas di depan Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Jumat 1 Januari 2021. prfmnews


Lokasinya ada di Kota Bandung, Jawa Barat. Hotel ini berdiri sejak 1880 dan menjadi saksi pergantian zaman di Indonesia. Pernah menjadi wisma tentara Jepang, kantor Palang Merah Indonesia (PMI), hingga tempat persinggahan banyak delegasi terkemuka seperti Konferensi Asia Afrika dan Konferensi PATA.

3. Hotel Salak The Heritage

Hotel Salak The Heritage Hotel dekat Istana Kepresidenan yang modern dan sarat nilai sejarah dan budaya
Hotel Salak The Heritage Hotel dekat Istana Kepresidenan yang modern dan sarat nilai sejarah dan budaya


Berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat, hotel ini berada di kaki Gunung Salak dan dekat Istana Kepresidenan serta Kebun Raya Bogor. Dulunya merupakan tempat peristirahatan para pejabat VOC dan sempat jatuh ke tangan kekuasaan Jepang juga. Sampai sekarang hotel ini masih menjaga arsitektur khas Belanda.

4. The Hermitage

The Hermitage
The Hermitage Dok: hermitagejakarta.com


Hotel yang berada di kawasan Jakarta Pusat, DK Jakarta, ini dibangun pada 1920. Dulunya merupakan pusat telekomunikasi Hindia Belanda. Arsitektur bangunan hotel ini bergaya art deco dengan tema Colonial Style Nusantara sehingga elegan dan mewah.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah