Jadwal KA Banyubiru dan Blambangan Ekspres Pakai Kereta New Generation Modifikasi, Apa Kelebihannya?

- 15 Juni 2024, 18:00 WIB
Para penumpang KA Banyubiru menikmati pemandangan sepanjang perjalanan menuju Stasiun Balapan Solo.
Para penumpang KA Banyubiru menikmati pemandangan sepanjang perjalanan menuju Stasiun Balapan Solo. /Humas KAI Daop 4 Semarang.

PRFMNEWS - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengoperasikan kereta Ekonomi New Generation Versi Modifikasi pada rangkaian kereta api (KA) Blambangan Ekspres rute Ketapang (Banyuwangi)-Semarang Tawang Bank Jateng pulang pergi (pp) dan KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Solo Balapan pp.

Penggunaan kereta baru tipe Ekonomi New Generation Versi Modifikasi pada KA 185A Blambangan Ekspres rute Ketapang-Surabaya Pasar Turi-Semarang Tawang Bank Jateng mulai beroperasi tanggal 18 Juni 2024. Sedangkan KA 186A Blambangan Ekspres rute sebaliknya menggunakan rangkaian kereta baru tersebut mulai 19 Juni 2024.

Sementara jadwal penggunaan kereta baru tipe Ekonomi New Generation Versi Modifikasi pada KA Banyubiru untuk relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Solo Balapan maupun sebaliknya mulai beroperasi tanggal 19 Juni 2024. Untuk rincian jam keberangkatan, pelanggan dapat mengecek melalui aplikasi Access by KAI maupun aplikasi online travel agent (OTA) yang bekerja sama dengan KAI.

Baca Juga: Pegawai KAI Bandung Terjerat Narkoba Dipecat, Bermula Pungut Bungkus Rokok hingga Ditangkap Polisi

Apa perbedaan dan keunggulan dari kereta Ekonomi New Generation Versi Modifikasi yang akan digunakan pada KA Banyubiru dan KA Blambangan Ekspres?

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, upgrade kereta kelas ekonomi pada dua KA tersebut menggantikan jenis ekonomi kursi tegak berhadapan 80 tempat duduk, menjadi kereta ekonomi new generation versi modifikasi dengan 72 tempat duduk, sehingga leg room atau jarak ruang kaki ke kursi di depannya menjadi lebih luas.

Kelebihan fasilitas lainnya yakni, jenis kursi yang digunakan pada kereta Ekonomi New Generation Versi Modifikasi juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya (reclining) serta bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

Baca Juga: Libur Idul Adha, KAI Siapkan 24 Kereta Tambahan Full Selama Juni 2024, Ini Rincian Rute dan Jadwalnya

Selain pada kursi, upgrade kereta Ekonomi New Generation Versi Modifikasi juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah