Sebelum Mudik 2024, Simak 8 Imbauan Pemerintah Bagi Pengguna Kendaraan Pribadi dan Angkutan Umum

- 27 Maret 2024, 11:30 WIB
Ilustrasi kendaraan pemudik.
Ilustrasi kendaraan pemudik. //Antara/ Muhammad Adimaja.

PRFMNEWS – Jelang masa arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan 8 imbauan pemerintah kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan naik kendaraan pribadi maupun berbagai moda transportasi umum.

Sebanyak 8 imbauan pemerintah bagi pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik dan balik Lebaran 2024 menggunakan kendaraan pribadi termasuk mobil dan sepeda motor maupun berbagai angkutan umum ini disampaikan Menko PMK usai rapat koordinasi lintas sektor kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Jakarta, Senin 25 Maret 2024.

Imbauan pertama, kata Muhadjir, masyarakat yang akan mudik Lebaran 2024 wajib memeriksa kelayakan kendaraan pribadi yang akan digunakan untuk perjalanan ke kampung halaman agar dipastikan aman.

Baca Juga: Pemudik Diminta Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Masa Mudik Balik Lebaran Tahun ini

Imbauan kedua, pengemudi harus dalam keadaan fisik dan stamina yang bugar serta dipastikan beristirahat cukup sebelum berkendara. Jika lelah saat perjalanan juga diimbau untuk menepi beristirahat sejenak.

Ketiga, pastikan bahan bakar minyak (BBM) terisi cukup dan saldo e-toll juga telah diisi cukup sehingga tidak ada kejadian kehabisan saldo saat di tengah perjalanan maupun di gerbang tol yang dapat berpotensi memicu antrean kendaraan.

Keempat, ia meminta supaya jumlah penumpang dan isi barang bawaan dalam kendaraan tidak melebihi batas maksimum kapasitas.

Kelima, ia pun meminta agar pemudik tidak sembarang berhenti di bahu jalan demi keselamatan bersama.

Keenam, Muhadjir meminta pemudik yang melintasi jalan tol tidak berdiam di rest area dalam waktu lama atau lebih dari 30 menit untuk menghindari antrean panjang di lokasi beristirahat tersebut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x