KCIC Sediakan Layanan Bagi Penumpang Whoosh Prioritas Didukung Petugas dan Fasilitas Khusus

- 27 Februari 2024, 18:00 WIB
Kru KCJB berikan layanan kepada penumpang berkebutuhan khusus.
Kru KCJB berikan layanan kepada penumpang berkebutuhan khusus. /KCIC/

PRFMNEWS – PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) menyediakan layanan khusus bagi penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Whoosh yang masuk kategori prioritas atau Key Passenger. Mereka adalah penumpang yang memiliki kebutuhan khusus.

Bagi penumpang Kereta Cepat Whoosh berkebutuhan khusus, KCIC memastikan telah menyiagakan petugas dan menghadirkan fasilitas tambahan di area Stasiun Halim (Jakarta), Padalarang (Kabupaten Bandung Barat), dan Tegalluar (Kabupaten Bandung), untuk menjamin kenyamanan dan kemudahan aksesibilitas Key Passenger.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengungkapkan kategori penumpang prioritas ini antara lain penyandang disabilitas, lanjut usia (lansia), anak-anak tanpa pendamping, ibu hamil dan menyusui, hingga orang yang bepergian dalam kondisi sakit.

Baca Juga: KCIC Segera Hadirkan Area Pick Up Khusus Transportasi Online di Setiap Stasiun Whoosh

“Petugas KCIC memiliki prosedur khusus dalam menangani Key Passenger. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan Whoosh dapat dinikmati oleh semua kalangan. Petugas akan membantu Key Passenger agar dapat menggunakan layanan Whoosh dengan nyaman,” ujar Emir dalam keterangan resmi, Selasa 27 Februari 2024.

Cara untuk mendapatkan layanan bagi penumpang berkebutuhan khusus tersebut, jelas Emir, setibanya di stasiun, Key Passenger dapat langsung menghubungi petugas Passenger Service At Platform, Security, atau Supervisor Stasiun. Nantinya petugas akan menanyakan kebutuhan dan detail perjalanan penumpang tersebut.

Kemudian petugas akan mendampingi penumpang tersebut hingga diterima oleh Kondektur maupun Pramugari Whoosh untuk diantarkan ke kursi yang telah dipesan. Saat tiba di stasiun tujuan, melalui koordinasi yang telah dilakukan, akan ada petugas khusus menyambut dan mengantarkan Key Passenger sampai meninggalkan area stasiun.

Baca Juga: Viral Kematian Santri di Kediri Penuh Luka, Polisi Amankan 4 Santri Terduga Pelaku Penganiayaan

Selain layanan dari petugas, KCIC juga sudah mempersiapkan fasilitas pada stasiun dan kereta agar nyaman digunakan oleh Key Passenger. Fasilitas untuk mempermudah penumpang berkebutuhan khusus ini antara lain lift, escalator, kursi prioritas, guiding block, toilet khusus, dan berbagai layanan lainnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x