Indonesia Akan Punya Kereta Tanpa Rel dan Sistem Komunikasi-Persinyalan KA Makin Canggih

- 9 Januari 2024, 16:30 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi.
Menhub Budi Karya Sumadi. /Dok Kemenhub

PRFMNEWS – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan (Korsel) dan Cina pada 9-13 Januari 2024 untuk membahas sejumlah kerja sama di sektor perkeretaapian dan penerbangan untuk Indonesia.

Beberapa kerja sama yang akan dijajaki Menhub, mulai dari rencana pembangunan Kereta Api Ringan (LRT) di Bali, Autonomous Rail Transit (ART) atau kereta berjalan di jalan raya tanpa rel untuk Ibu Kota Nusantara (IKN), jaringan komunikasi dan persinyalan kereta api (KA) berteknologi tinggi.

"Hingga menjajaki peluang kerja sama terkait pesawat komersial," kata Menteri Budi Karya dalam keterangan resminya, Selasa 9 Januari 2024.

Baca Juga: KAI Tingkatkan SOP Tugas PPKA Guna Cegah Tabrakan Kereta Api di Bandung Terulang

Budi Karya menjelaskan, di Korsel pihaknya akan bertemu dengan Wakil Menteri Infrastruktur dan Transportasi Korsel Sangwoo Park, serta sejumlah pihak lain di antaranya pimpinan Korea National Railway (KNR) dan Eximbank untuk membahas kelanjutan kerja sama pembangunan LRT Bali untuk tahap 1 dengan rute Bandara Ngurah Rai – Central Park.

LRT Bali, ujar Budi, akan menjadi transportasi massal berbasis rel pertama di Pulau Dewata yang diharapkan dapat menjadi solusi dari masalah kemacetan.

"Kami berharap feasibility study-nya yang sudah dimulai pada awal Januari 2023 lalu dapat diselesaikan pada pertengahan tahun 2024 ini," ucap dia.

Guna membahas kelanjutan kerja sama pembangunan transportasi massal kereta api ART untuk IKN, Menhub akan menemui Menteri Transportasi Cina Li Xiaopeng dan sejumlah pihak lainnya, yaitu pimpinan China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC).

Budi juga akan bertemu dengan pimpinan Huawei untuk menjajaki peluang kerja sama terkait sistem perkeretaapian yang cerdas dan berteknologi tinggi. Huawei merupakan perusahaan yang menggarap pembangunan jaringan komunikasi untuk Kereta Cepat Whoosh.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x