Menhub Cerita Nama Kereta Cepat Whoosh Terkenal di Luar Negeri dan Bikin Penasaran untuk Dijajal

- 21 November 2023, 10:00 WIB
Antrean penumpang kereta cepat Whoosh.
Antrean penumpang kereta cepat Whoosh. /KCIC/

PRFMNEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan nama Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Whoosh ternyata telah dikenal sampai ke luar negeri. Hal tersebut diceritakan Menhub dari pengalamannya saat kunjungan kerja ke Malaysia.

"Ketika kemarin saya ke Malaysia, mereka tidak bilang kereta cepat tetapi bilangnya Whoosh-nya bagaimana? Jadi, brand Whoosh itu sudah diketahui banyak orang hingga ke luar negeri," kata Menhub dalam keterangan resmi, Senin 20 November 2023.

Menurut Menteri Budi Karya, kehadiran Whoosh di Indonesia ini sukses menarik rasa penasaran warga Malaysia untuk mencoba langsung pengalaman menumpangi kereta api cepat pertama di Asia Tenggara yang mampu melesat dengan kecepatan hingga 350 km per jam.

Baca Juga: Awas Penipuan! Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh Pastikan di Kanal Resmi dari KCIC

Bahkan dia bercerita ada warga Malaysia yang sengaja datang ke Bandung melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka untuk menjajal naik Whoosh.

"Mereka mendarat di Kertajati. Lalu menginap semalam di Bandung, naik Whoosh ke Jakarta kemudian kembali ke Malaysia. Ini sangat luar biasa,” tuturnya.

Sebulan setelah beroperasi komersial, Whoosh mendapatkan antusiasme yang tinggi dari warga. Berdasarkan data PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), tercatat pergerakan penumpang tertinggi menembus 21 ribu penumpang dalam sehari.

Sejak dioperasikan, Whoosh sudah melayani 400 ribu penumpang dengan tingkat okupansi melebihi 95 persen.

Menhub pun menyambut baik antusiasme warga terhadap pengoperasian Whoosh. Hal itu diungkapkan Menhub saat meninjau Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur, Minggu 19 November 2023.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah