Satelit SATRIA-1 Telah Diterbangkan dari Florida dan Akan Berada Tepat di Atas Pulau Papua

- 19 Juni 2023, 12:00 WIB
Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) sukses meluncur ke angkasa pada Minggu, (18/6) pukul 18.21 waktu setempat dari Cape Canaveral Space Lauch Complex 40 (SLC 40), Florida, Amerika Serikat. SATRIA-1 merupakan satelit internet pertama milik Pemerintah Indonesia dan disiapkan untuk fasilitas-fasilita
Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) sukses meluncur ke angkasa pada Minggu, (18/6) pukul 18.21 waktu setempat dari Cape Canaveral Space Lauch Complex 40 (SLC 40), Florida, Amerika Serikat. SATRIA-1 merupakan satelit internet pertama milik Pemerintah Indonesia dan disiapkan untuk fasilitas-fasilita /Antara/

PRFMNEWS - Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1 akhirnya meluncur dan akan menempati orbit 146°BT tepat di atas Pulau Papua.

Peluncuran SATRIA-1 milik Indonesia ini dilakukan di Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat, Minggu 18 Juni 2023 waktu setempat atau sekitar Senin pagi ini pada pukul 05:21 WIB.

Plt Direktur Utama Badan Aksesibiiltas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo Arief Tri Hardiyanto, mengharapkan agar SATRIA-1 akan menempati orbit dan beroperasi dengan baik.

Baca Juga: Daftar 10 Tur Konser Dunia Terlaris 2023, Coldplay di Urutan Berapa?

"Alhamdulillah tadi peluncuran berlangsung dengan baik. Ini capaian yang sangat hebat dan keberhasilan atas doa seluruh rakyat Indonesia," ungkapnya usai menyaksikan Peluncuran SATRIA-1.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi)

Peluncuran SATRIA-1 sempat tertunda 17 menit dari jadwal semula pukul 18.04 waktu setempat atau Senin pukul 05:04 WIB. Meskipun demikian, masih dalam time window peluncuran.

Arief menjelaskan setelah ini SATRIA-1 akan dipantau oleh Thales Alenia Space untuk memastikan seluruh perangkat bisa berfungsi dengan baik.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x