Kabar Rombak Kabinet Kian Menguat, Presiden Jokowi Sebut Kemungkinan Rombak Kabinet Beberapa Hari Kedepan

- 6 Januari 2023, 20:20 WIB
Presiden Jokowi bakal rombak kabinet (reshuffle) lagi.
Presiden Jokowi bakal rombak kabinet (reshuffle) lagi. /Setkab

PRFMNEWS - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyatakan dirinya kemungkinan bakal merombak kabinetnya (reshuffle) dalam beberapa hari ke depan.

Perombakan tersebut dilakukan karena beberapa sumber politik bertaruh pada penataan kembali besar terakhir pemerintahannya untuk menyelesaikan program menjelang pemilihan yang akan diadakan pada tahun 2024.

Spekulasi tentang perombakan telah berkembang sejak Nasdem, salah satu dari tujuh partai politik dalam koalisi yang berkuasa, mengumumkan akan mendukung mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dalam pemilihan presiden 2024, seorang politisi yang dipandang sebagai sosok potensial bagi penerus Jokowi.

Baca Juga: Dipastikan Tidak Hangus, Begini Prosedur Pengajuan Refund Tiket Pertandingan Persib vs Persija

Ketika ditanya tentang perombakan yang akan datang, Presiden RI Jokowi menegaskan bahwa dia sedang merencanakan perombakan kabinet.

"Bisa Jumat, Senin, Selasa, atau Rabu," kata Jokowi dikutip prfmnews.id dari laman CNA.

Tiga sumber dari koalisi presiden dan pemerintah mengatakan Jokowi telah mempertimbangkan perombakan kabinet besar-besaran, sebelum masa jabatan terakhirnya berakhir pada 2024 untuk menyelesaikan program dan proyek yang tersisa.

Baca Juga: Menaker Sebut Perpu Cipta Kerja Lindungi Tenaga Kerja Dalam Hadapi Dinamika Ketenagakerjaan

Kabarnya, Presiden RI Jokowi akan memecat menteri yang berkinerja buruk.
Kendati begitu tiga sumber ini tidak menyebutkan menteri yang akan pergi, tetapi mengatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Luhut Pandjaitan, Menteri Investasi dan Energi, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir kemungkinan akan tetap berada di kabinet.

Sementara itu, ada tiga politisi Nasdem saat ini duduk di kabinet Jokowi, yang mengepalai Kementerian Pertanian, Komunikasi, dan Lingkungan Hidup.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah