Menkes Tetapkan RSGM Padjajaran Jadi Rumah Sakit Pendidikan

- 21 September 2022, 14:30 WIB
RSGM Unpad menjadi rumah sakit pendidikan.
RSGM Unpad menjadi rumah sakit pendidikan. /dok. Unpad

PRFMNEWS - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin secara resmi menetapkan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Padjajaran (Unpad) sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama untuk Fakultas Kedokteran Gigi Unpad.

Penetapan tersebut didasarkan atas Keputusan Menkes RI Nomor HK.01.07/Menkes/1419/2022 yang dikeluarkan pada 12 September 2022.

Dengan perubahan status menjadi rumah sakit pendidikan maka RSGM bisa digunakan untuk penyelenggaraan pelayanan, pendidikan, dan penelitian secara terpadu dengan mengutamakan tata kelola klinis yang baik, perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran, kedokteran gigi, dan kesehatan lain berbasis bukti dengan memperhatikan aspek etika profesi dan hukum kesehatan.

Baca Juga: Paduan Suara Mahasiswa Unpad Raih Medali Emas di Bulgaria

Selain itu, sebagai Rumah Sakit Pendidikan, RSGM Unpad tidak hanya digunakan untuk aktivitas tridarma FKG Unpad, tetapi juga digunakan sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan bagi tenaga kesehatan lainnya.

"Penetapan ini merupakan pencapaian dari RSGM unpad sebagai satu-satunya rumah sakit yang saat ini dimiliki dan dioperasionalkan oleh Unpad," kata Direktur Utama RSGM Unpad Dr. Kosterman Usri, drg., M.M dalam keterangannya, Rabu 21 September 2022.

Sebelumnya, RSGM Unpad juga berhasil meraih akreditasi “Paripurna” dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (LARSI). Akreditasi paripurna merupakan predikat tertinggi yang diberikan dalam penilaian rumah sakit.

Baca Juga: Tengah Malam ini Flyover Kopo Akan Dibuka Penuh, Perhatikan Hal ini

“Tentu ini tercapai berkat dukungan dari semua pihak baik di lingkungan Unpad maupun dari luar. Ke depan mudah mudahan RSGM Unpad dapat dimaksimalkan menjadi rumah sakit pendidikan bagi semua program studi rumpun kesehatan,” kata Kosterman.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x