Kemenkes: Saat ini Belum Ditemukan Kasus Cacar Monyet di Indonesia

- 28 Juli 2022, 11:27 WIB
Cacar monyet.
Cacar monyet. /REUTERS/Dado Ruvic

PRFMNEWS - Badan kesehatan dunia (WHO) menyatakan cacar monyet atau monkeypox sebagai darurat dunia karena mengalami lonjakan kasus yang sudah terjadi 75 negara.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pastikan saat ini belum ditemukan kasus cacar monyet di Indonesia meski sudah ada penetapan darurat cacar monyet dari WHO itu.

“Alhamdulillah, sampai saat ini belum ditemukan kasus monkeypox di Indonesia," ujar Juru Bicara COVID-19 Kemenkes, Moh. Syahril dalam keterangan pers yang dikutip prfmnews.id hari ini Kamis, 28 Juli 2022.

Sebelumnya, lanjut Syahril, sempat ada 9 kasus yang diduga terinfeksi monkeypox. Namun usai dilakukan pemeriksaan PCR, kesembilan kasus tersebut dipastikan negatif moneypox.

Baca Juga: Virus Cacar Monyet atau Monkeypox akan Menular Jika Sudah Timbulkan Gejala, Begini Ciri-Ciri Awalnya

Sejak ditemukan pertama kali pada 6 Mei 2022 di Inggris, penyebaran monkeypox di dunia terus meluas.

Hingga 27 Juli kemarin, sebanyak 17.156 orang di 75 negara dikonfirmasi terinfeksi, di mana 69 di antaranya bukan negara endemis monkeypox. Spanyol menjadi negara dengan jumlah kasus terbanyak disusul Amerika Serikat dan Perancis.

Meski belum ada penyebaran cacar monyet di Indonesia, pemerintah tetap melakukan berbagai mitigasi atau pencegahan penularan penyakit ini.

Upaya yang telah dilakukan Kemenkes di antaranya, memperkuat pemeriksaan surveilans di pintu masuk negara baik melalui jalur darat, laut dan udara.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x