Menteri PUPR: Lintas Selatan Jawa jadi Jalur Alternatif Mudik Lebaran 2022 yang Instagramable

- 10 April 2022, 19:15 WIB
Jalur lintas Pantai Selatan Jawa ini cocok dijadikan jalur alternatif mudik lebaran 2022 karena memiliki pemandangan indah dan Instagramable.
Jalur lintas Pantai Selatan Jawa ini cocok dijadikan jalur alternatif mudik lebaran 2022 karena memiliki pemandangan indah dan Instagramable. /DOK Kementerian PUPR



PRFMNEWS - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkap, Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa sebagai jalur alternatif para pemudik lebaran tahun 2022 ini, selain Lintas Pantai Utara (Pantura) dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

Menurut Menteri Basuki, jalur lintas Pantai Selatan Jawa ini cocok dijadikan jalur alternatif mudik lebaran 2022 karena memiliki pemandangan indah dan Instagramable.

Menteri Basuki mengatakan, sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar persiapan mudik Lebaran 2022 lebih baik dari tahun-tahun lalu, mengingat antusiasme pemudik yang sangat tinggi setelah tidak bisa mudik selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19.

"Salah satu persiapannya adalah Lintas Pansela ini bisa menjadi alternatif bagi para pemudik, sehingga beban lalu lintas terbagi dan tidak menumpuk di Lintas Pantura dan Lintas Tengah Jawa," katanya, dikutip prfmnews.id dari keterangan tertulis di laman Kemen PUPR pada Minggu, 10 April 2022.

Baca Juga: Lokapala: Saga of the Six Realms, Game Lokal untuk MOBA

Basuki menyatakan, Lintas Pansela yang dibangun sudah tembus dari Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari sampai ke Pacitan Provinsi Jawa Timur. Secara total sudah terhubung sepanjang 1.242 km.

"Jalan Pansela dibangun dengan biaya dari APBN, Asian Development Bank (ADB) dan Islamic Development Bank (IDB) ini dimulai sejak 6 tahun lalu, kita bangun secara bertahap. Nanti di tahun 2024 akan kita teruskan hingga tersambung sampai Banyuwangi, Jawa Timur," tuturnya.

Dengan adanya tiga jalur mudik di Pulau Jawa, Menteri Basuki berharap beban terbagi pada saat mudik. Untuk itu, ia mengajak masyarakat memanfaatkan Jalan Pansela dengan pemandangan indah dan melewati banyak tempat lokasi wisata pantai.

“Pemandangannya indah dan Instagramable, bagi yang lewat jalur ini mudah-mudahan liburan Lebaran menjadi memorable dengan keluarga," ucapnya.

Ruas jalan Pansela terbentang melintasi 5 provinsi di Pulau Jawa yakni Provinsi Banten dengan ruas Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 km.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: PUPR


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x