KKP Canangkan Kampung Budidaya Ikan Nila di Karawang, Bantu Pembudidaya Makin Sejahtera

- 27 Maret 2022, 20:26 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencanangkan Kampung Perikanan Budidaya Ikan Nila Salin di Karawang.
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencanangkan Kampung Perikanan Budidaya Ikan Nila Salin di Karawang. /Kementerian KKP


PRFMNEWS – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencanangkan Kampung Perikanan Budidaya Ikan Nila Salin di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat pada Kamis 24 Maret 2022 lalu.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Tb Haeru Rahayu mengatakan, Kampung Perikanan Budidaya Ikan Nila Salin ini menjadi salah satu dari 130 kampung perikanan budidaya yang sebelumnya ditetapkan KKP.

Dalam membantu pencanangan ini, lanjutnya, turut diserahkan bantuan berupa 1 unit excavator, 5 paket pengelolaan irigasi tambak partisipatif, paket bantuan kampung perikanan budidaya dan 400 ribu benih ikan nila kepada pembudidaya di Kabupaten Karawang.

Baca Juga: Ternyata Hal Ini yang Membuat Susi Keluarkan Larangan Ekspor Benih Lobster Saat Jabat Menteri KKP

Pria yang akrab disapa Tebe itu berharap, bantuan tersebut dapat menjadi pemicu semangat masyarakat pembudidaya untuk meningkatkan produktivitas sekaligus pemantik keterlibatan masyarakat sekitar untuk mereplikasi sistem budidaya yang dibangun.

“Saya telah mendapat laporan bahwa produksi nila salin di desa ini angkanya luar biasa, bisa mencapai lebih dari 60 ton per hektar per tahun,” tuturnya.

Tebe juga menjelaskan alasan di balik pemilihan nila salin sebagai komoditas yang diusung dalam kampung budidaya di Karawang.

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Perut Buncit, Tinggalkan atau 'Menggendut'

Menurutnya, kebijakan subsektor perikanan budidaya di wilayah Pantai Utara Pulau Jawa akan dialihkan kepada komoditas selain udang, terutama yang memiliki daya tahan lebih tinggi terhadap penyakit namun tetap bernilai ekonomi tinggi.

Nila salin menjadi salah satu komoditas yang memenuhi kriteria tersebut.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x