BMKG Ungkap Desember Hingga Maret Pembentukan Badai Tropis Semakin Meningkat

- 2 Desember 2021, 11:45 WIB
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati. Dalam rapat kerja bersama DPR sampaikan kondisi cuaca Indonesia.
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati. Dalam rapat kerja bersama DPR sampaikan kondisi cuaca Indonesia. /BMKG

PRFMNEWS - Dalam Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI, Rabu 1 Desember 2021 kemarin, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menyampaikan kondisi cuaca di Indonesia.

Menurut Kepala BMKG itu, periode Desember hingga Maret mendatang merupakan periode munculnya badai tropis di wilayah Samudera Hindia selatan Indonesia.

Dengan kodisi itu, Dwikorita sebut tren pembentukan badai tropis semakin meningkat sehingga dapat berpengaruh terhadap keselamatan transportasi maupun masyarakat, termasuk saat periode natal dan tahun baru.

Baca Juga: Pastikan Tak Ada Pengamanan Khusus Pada Acara Reuni 212, Polisi: Hanya Kegiatan Rutin Saja yang Dilakukan

"Bulan Desember hingga Maret merupakan periode munculnya badai tropis di wilayah Samudera Hindia selatan Indonesia. Dampak tidak langsung dari badai tropis tersebut dapat dirasakan hingga wilayah Indonesia dan dikhawatirkan dapat berpengaruh terhadap keselamatan transportasi maupun masyarakat, termasuk saat periode Nataru," ucap Dwikorita dikutip dari laman resmi BMKG hari ini Kamis, 2 Desember 2021.

Menurut Dwikorita, kondisi cuaca di Indonesia diperparah dengan kondisi La Nina yang saat ini juga berdampak di wilayah Indonesia.

Demi memitigasi hal tersebut, lanjut Dwikorita, BMKG sejak bulan Oktober 2021 telah membentuk Brigade La Nina, yang tugasnya mendeteksi secara dini sinyal-sinyal potensi kejadian ekstrem beberapa hari sebelum terjadi.Informasi tersebut nantinya akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait untuk menyiapka upaya pencegahan.

Baca Juga: Hati-Hati! Dua Hal yang Bisa Sebabkan Sholat Tidak Diterima, Kata Ustadz Adi Hidayat

Dwikorita juga menyampaikan langkah antisipasi La Nina yang dapat meningkatkan jumlah curah hujan 20-70% dari normalnya, ditambah dampak dari munculnya badai tropis.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x