Pakar ini Sebut Efektifitas PPKM Baru Terasa 2 Hingga 3 Pekan ke Depan

- 9 Agustus 2021, 08:07 WIB
Penutupan jalan di Kota Bandung. Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI), Hermawan Saputra menjelaskan, efektifitas PPKM baru terasa 2 hingga 3 pekan ke depan.
Penutupan jalan di Kota Bandung. Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI), Hermawan Saputra menjelaskan, efektifitas PPKM baru terasa 2 hingga 3 pekan ke depan. /PRFM

PRFMNEWS - Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1-4 akan berakhir pada hari ini Senin, 9 Agustus 2021.

Kini masyarakat menantikan keputusan terbaru dari pemerintah apakah PPKM ini akan diperpanjang atau tidak.

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI), Hermawan Saputra menjelaskan, efektifitas PPKM baru terasa 2 hingga 3 pekan ke depan.

Baca Juga: Menanti Keputusan Pemerintah Apakah PPKM Level 4 Dilanjutkan Atau Tidak?

"Untuk melihat efektifitas PPKM itu biasanya mengevaluasi kejadian 2 minggu hingga 3 minggu setelah kebijakan. Jadi kalau sekarang kita mengevaluasi kejadian hari ini, sebenarnya kita akan mengevaluasi dampak pada kebijakan 2 atau 3 minggu yang lalu," kata Hermawan saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel Minggu malam kemarin.

Kata dia, adanya pelandaian kasus covid-19 di daerah yang berlakukan PPKM level 4, ini merupakan buah dari PPKM Darurat.

"Maka PPKM darurat ini memiliki dampak penurunan kasus karena mobilitas cukup ketat dibatasi," terangnya.

Baca Juga: Hasil MotoGP Styria, Podium Perdana untuk Jorge Martin

Meski ada pelandaian, dia menegaskan kondisi saat ini masih sangat rentan terhadap penularan covid-19 terlebih positivity rate di Indonesia masih di atas 10 persen dan angka kematian masih cukup tinggi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x