Pertama Kali Menkes Bukan Dokter, DPR Terkejut

- 23 Desember 2020, 07:13 WIB
Budi Gunadi Sadikin, ahli nuklir yang menggantikan Menkes Terawan Agus Putranto.
Budi Gunadi Sadikin, ahli nuklir yang menggantikan Menkes Terawan Agus Putranto. /Setkab.go.id

PRFMNEWS - Kabar penunjukan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan (Menkes) baru menggantikan Terawan Agus Putranto cukup mengejutkan Komisi IX DPR RI.

Menurut Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati, pihaknya terkejut karena proses pergantian Menkes dilakukan di tengah masa reses DPR.

"Terkejut dengan adanya pergantian Menkes yang di akhir tahun ini, di tengah kita reses," ujar Kurnia saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Selasa 22 Desember 2020.

Baca Juga: Ini Sejumlah PR Besar Menkes Baru Budi Gunadi Sadikin

Baca Juga: Pakar Kesehatan Ungkap Alasan Menkes Tidak Harus Dokter

Bahkan sepengetahuannya, Budi adalah Menkes RI pertama yang bukan berlatar belakang seorang dokter atau dari bidang kesehatan. Budi merupakan lulusan Fisika Nuklir ITB dan dalam kariernya banyak berkecimpung di dunia perbankan.

"Memang ini sejarah kayanya baru kali ini Menkes diangkat tidak berlatar belakang kesehatan, sejarah nih kayanya di Indonesia," imbuhnya.

Kendati demikian, Kurnia memahami keputusan dari Presiden Joko Widodo. Ia juga mengucapkan apresiasi kepada atas jasa Terawan selama kurang lebih satu tahun menjabat Menkes, apalagi berjuang di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Dulu Teman Nongkrong Kini Bersatu di Kabinet Indonesia Maju

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x