5 Kebiasaan yang Tidak Disadari Bisa Menyebabkan Diabetes Makin Memburuk, Kata dr. Ema

- 2 Agustus 2022, 08:15 WIB
Beberapa hal sepela yang ternyata bisa sebabkan diabetes.
Beberapa hal sepela yang ternyata bisa sebabkan diabetes. /Pexels/Artem Podrez

PRFMNEWS - Gula darah tinggi merupakan kondisi naiknya kadar gula di dalam darah seseorang. Gula darah yang tinggi juga sangat berbahaya untuk kesehatan.

Di balik itu, seseorang yang sehat-sehat saja bisa jadi terkena diabetes dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tidak disadari dapat menyebabkan diabetes atau gula darah tinggi, adapun Dokter Ema Surya Pertiwi menjelaskannya, yakni :

1. Minum Jus Buah

Kebiasaan minum jus buah. Buah jika dikonsumsi secara utuh akan meningkatkan kerja saluran pencernaan.

Gigi bergerak mengunyah, lambung memproses dan usus-usus bergerak untuk memproses buah tersebut sehingga tubuh tidak terlalu naik secara drastis gula darahnya, harus menyaring terlebih dahulu dari serat-serat buah tersebut baru bisa menggunakan fruktosa dari buah.

Namun jika anda melakukan proses pada buah dengan cara di jus, akhirnya serat pada buah akan hancur. Sehingga tubuh tak perlu untuk susah payah menyerap gulanya, lambung langsung menyerap gula tersebut sehingga meningkatkan gula darah secara drastis pada tubuh.

Apalagi jika jus buahnya ditambah dengan gula akan semakin double attack meningkatkan gula darah pada tubuh. Sebaiknya makan buah langsung ketimbang harus dibuat jus.

Baca Juga: Perhatian, Inilah 7 Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dipantang Oleh Penderita Diabetes

2. Gula pengganti

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah