Depok Diwacanakan Jadi Daerah Pertama Vaksinasi Covid-19, Disusul Bodebek

- 23 Oktober 2020, 08:17 WIB
Simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Poned Tapos, Kota Depok, Kamis 22 Oktober 2020.
Simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Poned Tapos, Kota Depok, Kamis 22 Oktober 2020. /HUMAS JABAR

PRFMNEWS - Kota Depok diproyeksikan menjadi daerah pertama yang melakukan vaksinasi Covid-19 di Jawa Barat. Setelah Depok, disusul oleh empat daerah latin di Kawasan Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi).

Seperti diketahui, sebanyak 9,1 juta warga di Republik Indonesia rencananya akan divaksinasi pada November hingga Desember 2020 dengan vaksin yang dibeli pemerintah pusat dari tiga produsen vaksin luar negeri.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Provinsi Jabar mengajukan alokasi bagi 3 juta warganya, terutama wilayah Bodebek karena merupakan daerah epidemiologi tinggi.

Baca Juga: Jawa Barat Butuh 72 Juta Vaksin Corona, Hanya Untuk Warga Usia 18-59 Tahun

"Kewenangan untuk menentukan jumlah alokasi vaksin untuk setiap provinsi itu tetap berada di pemerintah pusat," ujar Emil, saat memantau simulasi pemberian vaksin Covid-19 di Puskesmas Poned Tapos, Kota Depok, Kamis 22 Oktober 2020.

Vaksinasi Covid-19 itaskan bagi orang yang berisiko tertular, seperti tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan, tenaga kesehatan di laboratorium rujukan, dan TNI/Polri.

Vaksinasi dilakukan kepada warga yang berusia 18-59 tahun. Warga yang berusia diluar rentang tersebut akan disuntik vaksin apabila mendapat rekomendasi dari dokter.

"Untuk yang diluar umur itu (18-59 tahun) harus menggunakan rekomendasi dari dokter. Karena vaksin yang diteliti ini tidak ada relawan usia balita, dan lanjut usia," tandasnnya.***

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Humas Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x