Jika Direstui Pemekaran Wilayah, ini Dia 9 Calon Daerah Baru di Jabar

Tayang: 11 Juni 2024, 08:00 WIB
Penulis: TIM PRFM
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Peta Provinsi Jawa Barat yang akan lakukan pemekaran wilayah
Peta Provinsi Jawa Barat yang akan lakukan pemekaran wilayah /

PRFMNEWS - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan DPRD Jabar sudah menyepakati sebanyak 9 Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) ke Pemerintah Pusat. 9 daerah baru di Jabar ini diharapkan bisa segera diwujudkan oleh pemekaran wilayah dari pemerintah pusat.

Adapun sembilan calon daerah baru di Jabar yang telah disepakati Pemprov Jabar dan DPRD Jabar adalah Tasikmalaya Selatan, Cianjur Selatan, Garut Utara, Sukabumi Utara, Garut Selatan, Bogor Barat, Bogor Timur, Indramayu Barat, dan Kabupaten Subang Utara.

Gubernur Jabar periode 2018-2023 Ridwan Kamil yang kala itu menyampaikan kesepakatan CDPOB Subang Utara menyampaikan harapan besar agar pemerintah pusat segera merealisasikan pemekaran wilayah di Jabar.

Baca Juga: Selamat! Jawa Barat Resmi Punya Kabupaten Baru Hasil Pemekaran Kabupaten Subang

"Total sudah sembilan daerah persiapan otonomi baru ini. Jadi mudah-mudahan di Pemerintah Pusat apakah masih di era Presiden Jokowi ataupun nanti di era pemerintahan yang baru keadilan pemekaran wilayah yang sekarang masih dalam moratorium bisa dicabut dan kita bisa merasakan kesejahteraan (masyarakat) Jawa Barat yang meningkat," ungkap Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

"Sekarang saja dengan keterbatasan kita sudah sangat luar biasa, apalagi (setelah) ada pemekaran yang proporsional," imbuhnya.

Saat ini, Jabar memiliki 27 kabupaten/kota. Jumlah ini dianggap terlalu sedikit jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di Jabar yang diprediksi lebih dari dari 50 juta jiwa.

Baca Juga: Rencana Pemekaran Wilayah Barat Kabupaten Bogor Dapat Dukungan dari Asmawa Tosepu

Saat ini pemekaran wilayah masih belum bisa terealisasi karena masih ada moratorium dari pemerintah pusat.***


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub