Proyek Tol Getaci, Pemprov Jabar Bawa Kabar Baik Progres Pembangunannya hingga Awal 2024

- 24 Februari 2024, 05:30 WIB
Ilustrasi jalan tol Getaci.
Ilustrasi jalan tol Getaci. /Dok Kementerian PUPR

PRFMNEWS – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) memastikan proyek pembangunan Jalan Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) yang digadang-gadang menjadi calon tol terpanjang di Indonesia ini terus berlanjut pada tahun 2024 ini.

Update pembangunan Tol Getaci hingga awal 2024 disampaikan Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar Bambang Tirtoyuliono. Bambang menyatakan infrastruktur yang masuk daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) itu terus mengalami kemajuan.

"Berprogres. Saya mendapat kabar, posisi terakhir pekan lalu, proses pembebasan tanah untuk tol telah sampai Garut," kata Bambang di Bandung, Jumat 23 Februari 2024.

Mengetahui progres tersebut, Bambang berharap proses konstruksi Tol Getaci sudah bisa bertahap dilaksanakan untuk dibangun mulai dari Gedebage hingga Garut pada 2024 ini.

"Mudah-mudahan target pemerintah di 2024, sampai dengan Garut konstruksi sudah bisa dikerjakan," ujarnya.

Bambang menyatakan Pemprov Jabar terus mendorong pemerintah pusat agar segera menyelesaikan pembangunan Tol Getaci yang akan menjadi penghubung dua provinsi yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah (Jateng).

Tol Getaci menurutnya tidak hanya dibutuhkan pemerintah daerah dalam rangka mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, tetapi juga masyarakat luas guna semakin menunjang kelancaran mobilitas mereka.

"Ini memang domain pemerintah pusat. Yang bisa kami lakukan, mendorong agar segera dilaksanakan. Tentunya pemerintah daerah sangat membutuhkan itu," tuturnya.

Tol Getaci diproyeksikan memiliki total panjang 206,65 kilometer (km). Porsi panjang lintasan di wilayah Jabar sepanjang 171,4 km dan 35,25 km untuk Jateng.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x