Pemprov Jabar Mengusulkan 18 Kabupaten Kota Sehat

- 11 Agustus 2023, 13:00 WIB
Verifikasi KKS secara virtual di Gedung Sate Kota Bandung dengan tim penilai pusat di Jakarta, Kamis 10 Agustus 2023.
Verifikasi KKS secara virtual di Gedung Sate Kota Bandung dengan tim penilai pusat di Jakarta, Kamis 10 Agustus 2023. /Pemprov Jabar

PRFMNEWS - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sedang mengusulkan 18 kabupaten kota sehat (KKS) ke pemerintah pusat, melalui tim penilai dan verifikasi penilai Kabupaten Kota Sehat (KKS) pusat.

Proses penilaian saat ini sudah pada tahap verifikasi yang digelar secara virtual di Gedung Sate Kota Bandung dengan tim penilai pusat di Jakarta, Kamis 10 Agustus 2023.

Selain anggota forum sehat kabupaten kota yang diusulkan dan Forum Sehat Jabar, Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja turut hadir dalam kegiatan ini.

Baca Juga: Kronologi Kasus Begal di Jalan Cibogo Kota Bandung, Semua Pelaku Sudah Tertangkap, Motor Korban Dikembalikan

Setiawan mengatakan, hal yang tersulit dalam pembentukan kabupaten kota sehat adalah kolaborasi, karena pembentukan kabupaten kota sehat melibatkan banyak sektor, tidak hanya Dinas Kesehatan.

"Tantangan yang tersulit sebenarnya adalah mengkolaborasikan banyak pihak tersebut. Di Provinsi Jabar alhamdulillah sudah sudah terbentuk Forum Jabar Sehat. Di Jabar, untuk membentuk provinsi sehat, melibatkan 20 OPD (organisasi perangkat daerah) ditambah instansi vertikal seperti Kemenag dan Polisi," paparnya.

Menurutnya, kolaborasi banyak pihak itu penting dilakukan karena untuk menentukan derajat kesehatan itu setidaknya ditentukan 4 faktor yang kesemuanya harus terpenuhi.

Baca Juga: Cara Jokowi Tarik Minat Masyarakat Naik Transportasi Massal Kereta Cepat hingga LRT

"Faktor pertama adalah lingkungan, ini berkaitan dengan infrastruktur, kedua adalah prilaku manusianya, ketiga layanan kesehatan dan keempat faktor genetik," jelas Setiawan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah