Pemprov Jabar Bakal Siapkan Bansos Khusus Penyandang Disabilitas

- 7 Mei 2020, 17:02 WIB
Proses pengecekan kualitas masker yang diproduksi anak-anak penyandang disabilitas di Cimahi.8
Proses pengecekan kualitas masker yang diproduksi anak-anak penyandang disabilitas di Cimahi.8 /RIRIN NUR FEBRIANI/PR/

BANDUNG, (PRFM) – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bakal mengupayakan agar penyandang disabilitas menerima bantuan sosial (bansos) khusus.

Menurut Ketua Divisi Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Arifin Soedjayana, pendataan terhadap warga terdampak Covid-19 secara finansial hingga saat ini masih dilakukan secara umum, termasuk bagi penyandang disabilitas.

“Secara khusus memang kita belum menjalankan program kelompok bansos khusus untuk warga disabilitas. Saat ini kami terapkan pola yang sama bagi seluruh lapisan masyarakat," ujarnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Kamis (7/5/2020).

Baca Juga: Update Penanganan Covid-19 di Indonesia: 12.776 Kasus Positif, 2.381 Sembuh

Dijelaskan pria yang juga menjabat Kepala Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar tersebut, pola pendataan umum yakni warga yang kehilangan mata pencaharian gara-gara terdampak Covid-19, bisa melapor kepada RT atau RW setempat untuk didata sebagai calon penerima bansos.

“Nantinya akan didata oleh Dinas Sosial Jabar dan kemudian bansosnya akan disalurkan melalui Pemerintah Kota maupun Pemerintah Kabupaten,” kata Arifin.

Dengan cara tersebut, data penerima bansos dari Pemprov Jabar diharapkan tidak tercampur dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x