PSBB Provinsi Jawa Barat Akan Dibarengi dengan 40 Ribu Swab Test

- 2 Mei 2020, 12:25 WIB
Penumpang bus di Terminal Leuwipanjang mengikuti rapid test, Kamis (23/4/2020).
Penumpang bus di Terminal Leuwipanjang mengikuti rapid test, Kamis (23/4/2020). /TOMMY RIYADI/PRFM.

BANDUNG, (PRFM) – Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat provinsi di Jawa Barat (Jabar) akan dibarengi dengan 40 ribu swab test. Tes masif ini ditujukan guna menemukan darimana sebaran virus corona di Jawa Barat berasal.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan dirinya menginstruksikan jajarannya untuk segera melakukan tes masif dengan swab test tersebut. Pasalnya, ia menilai PSBB jika tidak dibarengi dengan tes masif maka akan sia-sia.

“Perhari ini kita punya 40 ribu jatah swab yang akan kita habiskan secepat-cepatnya. Karena PSBB ini hanya efektif kalau dilakukan dengan tes masif. Ini untuk menemukan apakah persebarannya lokal atau imported case,” jelas pria yang akrab disapa Emil ini dalam Presscon mengenai PSBB di Jawa Barat, Sabtu (2/5/2020).

 

Baca Juga: 60 Ribu Warga Jabar yang Di-PHK Disalurkan Lewat Kartu Prakerja

Ia menegaskan, tes tersebut harus dilakukan sebelum hari raya Idulfitri 1441 H/2020. Emil berharap Jawa Barat bisa mengendalikan penyebaran Covid-19 dengan maksimal.

“40 ribu itu untuk dihabiskan sebelum lebaran. Sehingga dalam momentum lebaran PSBB provinsi, kedua melakukan larangan mudik, tes masif PCR dihabiskan 40 ribu. Insya Allah Jawa Barat bisa mengendalikan jauh lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga: Warga Bisa Donasi untuk Bantu Kebun Binatang Bandung Beli Pakan Satwa

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x