Jokowi Ungkap 4 Solusi Konkret Setop Konflik Israel-Palestina

- 14 November 2023, 11:00 WIB
Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, di sela-sela KTT Luar Biasa OKI, di KAICC, Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023)
Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, di sela-sela KTT Luar Biasa OKI, di KAICC, Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023) /(Foto: BPMI Setpres)/

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan empat saran sebagai solusi konkret untuk menyelesaikan konflik Israel dan Palestina di Gaza saat berbicara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Ketika memaparkan empat solusi konkret ini, Jokowi mendorong OKI untuk bersatu dan berada di garda terdepan dalam penyelesaian krisis di Gaza, Palestina. Menurut dia, OKI harus mampu menghasilkan hal nyata agar kekejaman Israel di Gaza dapat segera dihentikan.

“OKI harus bersatu, harus berada di garis depan menggunakan semua cara damai, semua pengaruh, dan semua upaya diplomasi untuk bela keadilan dan kemanusiaan bagi Palestina,” ujar Presiden dalam kegiatan pertemuan para pemimpin negara berpenduduk mayoritas muslim itu yang digelar di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi, Sabtu 11 November 2023.

Baca Juga: Presiden Jokowi Jumpa Joe Biden untuk Sampaikan Hasil KTT OKI, Khususnya Tentang Palestina

“Satu bulan telah terjadi kekejaman ini dunia seolah benar-benar tidak berdaya. Lebih dari 7,9 miliar penduduk dunia, lebih dari 190 pimpinan negara, tapi sampai saat ini tak satu pun mampu hentikan kekejaman ini,” imbuhnya.

Adapun empat solusi konkret yang disarankan Jokowi saat berbicara di hadapan para pemimpin negara Islam ini, pertama adalah mendesak agar gencatan senjata segera dilakukan.

“Tanpa gencatan senjata, situasi tak akan membaik. Israel telah gunakan narasi ‘self defense‘ dan terus lakukan pembunuhan rakyat sipil. Ini tak lain sebuah ‘collective punishment’. Kita semua harus cari jalan agar Israel segera lakukan gencatan senjata,” tegasnya.

Kedua, Kepala Negara mendorong agar bantuan kemanusiaan dipercepat dan diperluas jangkauannya. OKI harus mengusulkan mekanisme bantuan yang lebih bisa diprediksi dan berkelanjutan mengingat situasi kemanusiaan di Gaza sangat memprihatinkan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x