Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan untuk Cegah Diabetes Tipe 2

- 29 Maret 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi diabetes
Ilustrasi diabetes /Pixabay/stanias.

 

PRFMNEWS – Berikut beberapa gaya hidup sehat yang bisa Anda terapkan untuk menghindari diabetes tipe 2.

Dikutip dari laman NIDDK, diabetes merupakan penyakit yang terjadi ketika glukosa darah atau yang disebut juga sebagai gula darah terlalu tinggi.

Glukosa darah adalah sumber energi utama yang berasal dari makanan yang dimakan. Hormon yang dibuat oleh pankreas, membantu glukosa dari makanan masuk ke sel Anda untuk digunakan sebagai energi.

Baca Juga: Bolehkah Konsumsi Propolis Setiap Hari? dr. Zaidul Akbar Berikan Saran Begini

Tetapi kadang tubuh Anda tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak menggunakan insulin dengan baik. Glukosa kemudian tetap berada dalam darah Anda dan tidak mencapai sel Anda.

Diabetes ada dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, diabetes tipe 2 seperti dikutip dari laman Mayo Clinic adalah gangguan dalam cara tubuh mengatur dan menggunakan gula (glukosa) dalam darah.

Kondisi jangka panjangnya bisa menyebabkan terlalu banyak gula yang beredar di aliran darah yang akhirnya dapat mengakibatkan gangguan sistem peredarah darah, saraf, dan kekebalan tubuh.

Selain itu Mayo Clinic juga membagikan beberapa gaya hidup sehat yang dapat memperlambat atau menghentikan perkembangan menjadi diabetes, diantaranya adalah:

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x