5 Manfaat Menggunakan Online Invoice untuk Bisnis

- 20 Januari 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi invoice
Ilustrasi invoice /Dok. Pikiran Rakyat

PRFMNEWS - Pengelolaan online invoice adalah salah satu tiang pancang dalam pondasi bisnis. Makin baik cara invoice dikelola, niscaya makin kokoh suatu bisnis.

Tapi cara mengelola invoice yang terdiri atas berlembar-lembar kertas bukan perkara mudah. Kerja manual memproses tagihan, dari menerima, verifikasi, menyetujui, hingga menyimpannya, membutuhkan upaya ekstra agar tak ada yang luput terperiksa.

Sebuah riset oleh Sapio Research dan Wax Digital mendapati sebanyak 82% departemen finansial dari 200 perusahaan yang disurvei mengaku kerepotan menangani banyaknya invoice yang mesti diproses per hari.

Selain banyak, faktur-faktur itu pun bervariasi. Namun mengingat pentingnya faktur itu dan betapa besar manfaatnya buat perusahaan, tim finansial tetap mesti melakukannya.

Baca Juga: Mengenal Gedung Merdeka, Salah Satu Gedung Megah di Jalan Asia Afrika yang Simpan Sejarah Penting Bagi Dunia

Secara umum, pemrosesan faktur butuh waktu yang panjang dan berliku. Setelah faktur masuk, tim menerima dan mengeceknya, lalu menyampaikannya ke atasan yang berwenang memberikan persetujuan. Bila disetujui, faktur lantas diproses dalam sistem perencanaan sumber daya perusahaan dan dibayar.

Proses ini tak jarang diwarnai kekeliruan dalam memasukkan data dan mengakibatkan keterlambatan atau penundaan proses bisnis. Belum lagi adanya invoice yang tercecer atau terlewat saat dalam proses persetujuan. Masalah inilah yang mendasari kemunculan teknologi otomasi untuk pengelolaan invoice.

Untuk itulah online invoice sangat dibutuhkan untuk pengelolaan bisnis. Salah satu aplikasi terbaik dalam pengelolaan online invoice Jurnal by Mekari.

Sebelum membahas tentang online invoice, terlebih dahulu Anda harus tahu penjelasan konvensionalnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x