Kota Bandung Mulai Lakukan Vaksin Booster Besok, Segera Daftar Melalui Aplikasi PeduliLindingi

- 12 Januari 2022, 17:25 WIB
Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menjelaskan tentang kapan dimulainya vaksinasi dosis ketiga (booster) di Kota Bandung
Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menjelaskan tentang kapan dimulainya vaksinasi dosis ketiga (booster) di Kota Bandung /Tommy Riyadi.

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal memberikan vaksinasi dosis ketiga sebagai booster mulai Kamis, 13 Januari 2022 besok. Jenis vaksinasi booster yang diberikan pada tahap pertama ini adalah Pfitzer atau Astrazeneca

Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Menteri Kesehatan dengan seluruh Kepala Dinas Kesehatan kota/kabupaten dan Propinsi se-Indonesia, prioritas vaksin Booster sendiri adalah kelompok lansia atau kelompok usia 18 tahun yang memiliki e-tiket dari aplikasi Peduli Lindungi.

"Sebetulnya sudah ada (vaksinnya) , tadi malam itu kalau tidak salah pak Menkes itu sudah ada rakor sama Dinkes se-Indonesia. Dan pelaksanaannya kalau kota Bandung insyaallah besok, dan nantinya itu harus mendaftar, tapi kan itu prioritas untuk lansia atau 18 tahun tapi yang dapat E tiket," jelas Yana ditemui di Balaikota, Rabu 12 Januari 2022.

Baca Juga: BRI Raih Berbagai Penghargaan, Terbukti Semakin Kuat dalam Inovasi Digital Banking

Selanjutnya, setiap kelompok prioritas vaksin Booster ini, lanjut Yana, harus melakukan pendaftaran melalui aplikasi Peduli Lindungi. Jika ternyata mereka masuk dalam kriteria, maka akan mendapatkan balasan dari Peduli Lindungi.

"Jadi nanti harus daftar ke aplikasi PeduliLindungi dan nanti ada balasannya. Dan ternyata dia masuk kriteria, seperti lansia, 6 bulan setelah dosis dua, dan tidak ada commorbid, itu secara sistem dapat e-tiket. Dan itu nanti tinggal datang kesemua faskes yang ada di kota Bandung seperti puskesmas dan rumah sakit. Itu sudah siap," jelas Yana.

Yana menambahkan, dalam pembahasan dengan Kementerian Kesehatan tadi malam, dari lima jenis vaksin untuk booster ini sudah tersedia. Namun untuk kota Bandung, yang tersedia sementara jenis Pfitzer dan Astrazeneca.

"Ada, jadi kan ini kalau tidak salah ada regulasi tadi malam itu, kalau dia Sinovac-sinovac jadi dimatikan-dimatikan, dan yang harus dimatikan misalkan RNA (RiboNuklead Acid) nya. Jadi kelihatannya dosisnya itu Pfitzer atau Astrazaneca," ujar Yana.

Namun untuk vaksin booster ini pemberian dosisnya tidak sama dengan vaksin tahap satu dan dua sebesar 3 ml. Untuk booster, kata Yana, hanya diberikan setengahnya, atau sebanyak 1,5 ml.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x