CEK FAKTA: Benarkah Micin Memperburuk Radang Amandel? Ini Penjelasannya

- 23 Januari 2024, 11:30 WIB
Ilustrasi MSG. Benarkah micin atau MSG dapat memperparah penyakit Amandel.
Ilustrasi MSG. Benarkah micin atau MSG dapat memperparah penyakit Amandel. /Pixabay.com/Bru-nO

PRFMNEWS - Peradangan amandel adalah salah satu penyakit yang terjadi di sekitaran tenggorokan. Biasanya penyakit ini dialami oleh anak-anak, sehingga anak-anak menjadi tidak nafsu makan. Gejala penyakit amandel ini berlangsung kurang lebih selama 3 hingga 4 hari saja.

Saat mengalami peradangan amandel, gejala awal akan ditandai dengan rasa mual, sakit kepala, demam tinggi, sakit untuk menelan, dan mengeluarkan air liur terus menerus.

MSG (Monosodium Glutamat) atau lebih dikenal dengan micin, disebut sebagai salah satu penyebab penyebab penyakit amandel.

Baca Juga: dr. Zaidul Akbar Berikan Tips Cepat Atasi Amandel dengan Minuman Herbal

Benarkah micin sebagai salah satu pemicu sakit amandel?

Dokter spesialis telinga hidung tenggorok bedah kepala leher lulusan Universitas Indonesia (UI) dr. Abdillah Hasbi Assadyk, menepis anggapan bahwa micin dapat menyebabkan hingga memperburuk radang amandel.

Menurutnya radang amandel atau tonsilitis hanya bisa terjadi apabila seseorang terpapar oleh virus atau kuman, sehingga akhirnya terjadi peradangan di dalam tubuh.

"Bumbu penyedap seperti micin itu benda mati. Tidak akan menyebabkan infeksi, infeksi itu baru bisa terjadi karena adanya kuman," kata dokter Hasbi dilansir dari Antara.

Apabila misalnya radang amandel terjadi seakan setelah memakan atau meminum suatu, besar kemungkinan dalam pengolahan makanan atau minuman tersebut tidak higienis.

Kondisi radang amandel juga didukung dengan kondisi apabila seseorang tersebut sedang tidak dalam kondisi prima atau imun tubuhnya lemah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x