Kota Bandung Masuk Zona Merah Covid-19, Ema Sumarna: Tetap Tenang, Tidak Perlu Panik

- 7 Oktober 2020, 09:29 WIB
Ketua Harian Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna saat meninjau persiapan PSBRT di Kelurahan Suraja, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Selasa 6 Oktober 2020.*
Ketua Harian Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna saat meninjau persiapan PSBRT di Kelurahan Suraja, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Selasa 6 Oktober 2020.* /Dok. Kelurahan Sukaraja

PRFMNEWS - Kota Bandung saat ini ditetapkan sebagai daerah zona merah covid-19 atau daerah dengan risiko tinggi penyebaran covid-19. Hal ini merujuk pada data update level kewaspadaan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) pada 4 Oktober 2020 lalu.

Dengan ditetapkan kota Bandung sebagai zona merah, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna meminta warga untuk waspada. Namun ia mengimbau agar warga tetap tenang.

"Intinya Kota Bandung harus tetap tenang, tidak perlu panik dengan istilah label ini, yang penting kita terus bekerja dan melakukan tindakan-tindakan sesuai kapasitas kita," ujar Ema di Balai Kota Bandung, Selasa 6 September 2020.

Baca Juga: Terjun Bebas, Harga Emas Logam Mulia Turun Hingga Rp18.000 Kini Harganya di Bawah Rp1 Juta

Dalam kondisi seperti ini, Ema berharap para aparat kewilayahan untuk berperan aktif. Dia meminta peranan para lurah untuk menjadi garda terdepan untuk menjelaskan kepada warga atas situasi ini.

"Saya harap semua gugus di kewilayahan sudah melakukan persiapan maksimal. Kemudian, saya apresiasi saat meninjau 2 RW di Sukaraja dan Kecamatan Cicendo di RW 05 dan 03. Di RW 03 ada satu warga yang terpapar, dan sedang melakukan isolasi mandiri. Dia itu tinggal bersama 6 orang lainnya, dan sudah di swab hasilnya negatif semua," paparnya.

"Atensi masyarakatnya juga luar biasa. Membloking jalan, dan tidak ada yang keberatan. Semua menghilangkan kepentingan ego pribadi dan melalui kesepakatan bersama, " lanjutnya.

Baca Juga: Cegah Banjir di Kota Bandung, Ini Langkah dari DPU Kota Bandung: Mulai dari Drumpori Hingga Retensi

Ema mengakui, persoalan besar Kota Bandung yaitu akses dari luar menuju kota Bandung. Pemerintah Kota Bandung sulit mengendalikan warga yang masuk keluar kota.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x