Awas Disuruh Pulang, Pemkot Bandung Siapkan Petugas Konfirmasi Tujuan Kedatangan Perantau Saat Arus Balik

- 14 April 2024, 19:00 WIB
Arus Balik Lebaran di Kota Bandung
Arus Balik Lebaran di Kota Bandung /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengaku telah menginstruksikan ke Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) agar menyiapkan petugas untuk bertanya kepada para perantau yang datang ke Kota Kembang pada masa arus balik Lebaran 2024.

Petugas dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung ini, ujar Bambang, akan menanyakan tujuan para pendatang ke Kota Bandung yang tiba di terminal bus maupun stasiun kereta api usai melakukan perjalanan dari kampung halaman masing-masing pada momen arus balik Lebaran 2024.

Bambang memastikan pihaknya akan melakukan tindakan yang tegas dengan meminta para perantau untuk pulang kembali ke daerah asal masing-masing apabila tidak mempunyai tujuan yang jelas saat datang di Kota Bandung pada masa arus balik Lebaran 2024.

“Saya sudah meminta juga kepada petugas perhubungan di beberapa terminal, yang masuk ke terminal itu coba ditanya, tujuannya apa? Kalau misalkan tidak ada tujuan, diharapkan untuk kembali lagi,” ucap Bambang di Kota Bandung, Jumat 12 April 2024.

Bambang berharap dengan upaya memastikan kejelasan tujuan kedatangan perantau maka jumlah pengangguran di Kota Bandung tidak bertambah, sehingga dapat juga menekan angka kemiskinan di wilayahnya.

"Kami mengimbau kepada warga yang akan kembali ke Kota Bandung untuk memiliki tujuan yang jelas. Apakah itu untuk melanjutkan sekolah, kuliah atau mau bekerja. Tujuan yang jelas sangatlah penting untuk melanjutkan hidup di Kota Bandung, tidak hanya bersifat impulsif atau tanpa arah yang jelas," tuturnya.

Bambang pun meminta warganya untuk tidak membawa saudara mereka untuk ikut merantau ke Kota Bandung apabila belum memiliki kepastian tujuan yang justru bisa berujung menambah jumlah pengangguran di Kota Kembang.

“Apabila pulang ke kampung halamannya, tolong begitu, ya, jangan mengajak kepada saudara-saudaranya masuk Kota Bandung tanpa ada sebuah tujuan yang jelas. Kalau sudah pasti ada panggilan kerja silahkan, tapi ini pun kita coba batasi," ungkapnya.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x