Besok Ada Friday Car Free di Kota Bandung, Masuk Gedung Sate Dilarang Bawa Kendaraan Pribadi

- 21 Maret 2024, 19:32 WIB
Friday Car Free di Kota Bandung, Sabtu 22 Maret 2024
Friday Car Free di Kota Bandung, Sabtu 22 Maret 2024 /Instagram @biro_umumjabar

BANDUNG, PRFMNEWS – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mulai menggelar program Friday Car Free alias Hari Jumat Bebas Kendaraan di kawasan Gedung Sate, Kota Bandung.

Jadwal pelaksanaan Friday Car Free ini dimulai Pemprov Jabar pada Jumat, 22 Maret 2024 besok. Kabar ini dipastikan melalui akun Instagram Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat.

Aturan selama Friday Car Free berlangsung Jumat besok adalah seluruh pegawai dan masyarakat yang datang ke Gedung Sate Bandung dilarang menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor.

“Jumat, 22 Maret 2024, di lingkungan Gedung Sate akan diberlakukan berangkat kerja tanpa motor/mobil dan kendaraan pribadi lainnya,” tulis keterangan unggahan di akun tersebut, Kamis 21 Maret 2024.

Sebagai pengganti, pegawai yang berangkat menuju Gedung Sate Bandung wajib menggunakan transportasi umum atau angkutan kantor yang sudah disediakan di titik-titik penjemputan tertentu.

Begitu pula masyarakat umum yang datang ke Gedung Sate karena suatu kepentingan hanya boleh naik angkutan umum termasuk ojek online sampai depan gerbang, dan selanjutnya berjalan kaki masuk ke kawasan Gedung Sate.

“Untuk #SobatLayanan yang pergi menuju kantor menggunakan Ojek Online atau yang sejenisnya pastikan berhenti di gerbang depan karena untuk segala jenis kendaraan pribadi di hari Jumat tidak ada yang diperbolehkan masuk ke dalam lingkungan Gedung Sate," lanjut keterangan unggahan.

Rencana pemberlakuan Friday Car Free sebelumnya diutarakan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Jabar M. Taufiq B. Santoso saat memimpin rapat di Ruang Ciremai, Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis 14 Maret 2024.

Taufiq mengatakan melalui program Friday Car Free ini, rencananya setiap hari Jumat maka parkiran di Gedung Sate akan bebas dari kendaraan sepeda motor maupun mobil. Program ini diagendakan berjalan selama bulan puasa Ramadhan 1445 H/2024 M.

Pemprov Jabar akan menyediakan transportasi massal untuk melayani para pegawai Gedung Sate Bandung untuk berangkat dan pulang kerja setiap Jumat selama bulan Ramadhan 2024. Moda angkutan massal yang disiapkan antara lain bus hingga Bandros (Bandung Tour on Bus).

“Pegawai di lingkungan Gedung Sate nanti difasilitasi transportasi yang disediakan Pemprov Jabar (bus, microbus, shuttle, Bandros),” kata Taufik dalam keterangan tertulis di laman resmi Bapenda Jabar, Jumat 15 Maret 2024.

Ada empat skenario pemberangkatan transportasi massal tersebut, yaitu dari arah barat (Kantor Dinsos Jabar), arah timur (Dispora Jabar), arah utara (Disdukcapil Jabar), dan arah selatan (Bapenda Jabar).

“Dengan inovasi ini diharapkan terjadi penurunan traffic kendaraan,” ujar Taufik.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah