Antisipasi Kemacetan, 2 Tol Baru Akan Dibangun PUPR di Gedebage Bandung

- 9 Februari 2024, 21:00 WIB
Jalan Tol Baru yang akan dibangun Pemerintah Indonesia untuk urai macet di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung
Jalan Tol Baru yang akan dibangun Pemerintah Indonesia untuk urai macet di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung /Dok Kementerian PUPR

PRFMNEWS – Kementerian PUPR berencana membangun dua ruas jalan tol baru dengan rute melewati kawasan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar). Satu di antaranya merupakan calon jalan tol terpanjang di Indonesia.

Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) dan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) atau Tol Dalam Kota Bandung adalah dua ruas jalan tol yang akan dibangun Kementerian PUPR di wilayah Bandung.

Diharapkan setelah Tol Dalam Kota Bandung dan Tol Getaci ini selesai dibangun oleh Kementerian PUPR, kemacetan lalu lintas di sejumlah titik wilayah Jabar termasuk Gedebage dapat diminimalisir.

Baca Juga: Kemacetan Gedebage Makin Parah, Anggota DPRD Kota Bandung Minta Pemerintah Terapkan 2 Solusi ini

Tol Getaci diharapkan mampu mengatasi kemacetan khususnya di jalur Bandung-Tasikmalaya, sedangkan BIUTR diharapkan dapat bantu mengurai kemacetan di ruas-ruas jalan Kota Bandung termasuk kawasan Gedebage.

Terkait rute, mengutip laman resmi Kementerian PUPR, Tol Getaci direncanakan dibangun terdiri atas 4 seksi, yakni Seksi 1 Junction Gedebage – Garut Utara (45,20 km), Seksi 2 Garut Utara – Tasikmalaya (50,32 km), Seksi 3 Tasikmalaya – Patimuan (76,78 km), dan Seksi 4 Patimuan – Cilacap (34,35 km).

Total panjang Tol Getaci adalah 206,65 km yang akan melintasi dua provinsi yaitu Jabar sepanjang 171,40 km dan Jawa Tengah (Jateng) sepanjang 35,25 km. Sehingga ruas jalan bebas hambatan ini disebut-sebut akan menjadi calon tol terpanjang di Indonesia.

Sedangkan BIUTR akan dibangun sepanjang 27,30 km. Pembangunannya direncanakan terdiri dari dua tahap, tahap 1 sepanjang 8,6 km (Pasteur- Gasibu, Gedebage-Soekarno Hatta) dan tahap 2 sepanjang 18,7 km (Gasibu-Cileunyi, Ujung Berung-Soekarno Hatta) yang rencananya akan berupa jalan layang (elevated) dengan lebar 36 meter.

Baca Juga: Pembangunan Tol Getaci Dimulai dari Gedebage, Benarkah Akan jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia?

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x