Bertambah 2, Ini Daftar 6 Integrasi Moda Transportasi Layani Penumpang Whoosh di Stasiun KCIC Padalarang

- 24 Januari 2024, 06:30 WIB
Stasiun kereta cepat Padalarang.
Stasiun kereta cepat Padalarang. /KCIC/

 

PADALARANG, PRFMNEWS - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) resmi menambah dua integrasi moda transportasi umum baru untuk memudahkan penumpang Kereta Cepat Whoosh mengakses Stasiun KCIC Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Penambahan dua angkutan resmi baru ini menambah daftar integrasi transportasi yang disediakan KCIC di Stasiun Whoosh Padalarang kini total menjadi enam.

Dua integrasi moda transportasi umum baru yang dihadirkan KCIC di Stasiun Whoosh Padalarang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat (Jabar) adalah bus Trans Metro Pasundan (TMP) Bandung Raya Koridor 2D yang pada awal tahun 2024 ini menjadi bagian dari layanan Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya.

Kemudian, satu lagi integrasi moda transportasi publik baru yang dihadirkan KCIC di Stasiun Whoosh Padalarang yaitu Shuttle menuju dari/ke kawasan Kota Baru Parahyangan (KBP). Terdapat 30 perjalanan Shuttle Gratis alias tanpa tarif beroperasi setiap hari, terbagi atas 15 perjalanan dari Stasiun Whoosh Padalarang dan 15 perjalanan dari kawasan KBP.

Baca Juga: Bus TMP Layani Rute Stasiun Whoosh Padalarang – Cimahi – Bandung, Catat Jadwalnya

Sementara layanan bus TMP atau BRT Bandung Raya Koridor 2D rute KBP – Stasiun Whoosh Padalarang – Cimahi – Alun-alun Kota Bandung tersedia sebanyak 20 armada dengan jadwal operasional setiap hari dari pagi hingga malam pukul 04.30 – 20.00 WIB. Layanan ini bisa dimanfaatkan pula oleh masyarakat umum selain penumpang Whoosh.

Layanan bus TMP Bandung Raya dan Shuttle Gratis Kota Baru Parahyangan ini dapat diakses dari area Lobby Drop Off Stasiun KCIC Padalarang sehingga lebih memudahkan kepada para penumpang yang baru tiba atau akan melakukan perjalanan menggunakan Kereta Cepat Whoosh.

Kehadiran bus TMP dan Shuttle Gratis di Stasiun Whoosh Padalarang melengkapi empat layanan integrasi moda transportasi umum yang sudah beroperasi sebelumnya di Stasiun Whoosh Padalarang, yaitu Kereta Api (KA) Feeder KCJB menuju Stasiun KAI Cimahi dan Bandung, KA Commuter Line Bandung Raya menuju Stasiun KAI Cicalengka, KA Commuter Line Garut menuju Stasiun KAI Garut, serta Taksi Blue Bird.

Baca Juga: Pemprov Jabar Ambil Alih Pengelolaan 2 Koridor Bus TMP Bandung Raya dari Kemenhub, Tarif Ikut Berubah?

“Penambahan integrasi antarmoda ini merupakan peningkatan pelayanan yang KCIC hadirkan kepada para penumpang Whoosh. Dengan tersedianya layanan intermoda yang menjangkau berbagai kawasan, semakin meningkatkan minat masyarakat untuk beralih ke moda transportasi massal khususnya layanan Kereta Cepat Whoosh,” ujar GM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa dalam keterangan resminya, Selasa 23 Januari 2024. ***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x