Pemkot Bandung Masih Gratiskan Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas untuk Seluruh Kelompok Masyarakat

- 10 Januari 2024, 19:30 WIB
Ilustrasi vaksinasi covid-19.
Ilustrasi vaksinasi covid-19. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menyatakan layanan vaksinasi Covid-19 di Kota Kembang masih gratis alias tidak berbayar kepada masyarakat umum. Pemberian vaksin Covid-19 bisa dilakukan di Puskesmas terdekat.

“Kemenkes sudah memberikan edaran untuk lansia, tenaga kesehatan (nakes), kelompok risiko tinggi, vaksin Covid-19 itu gratis. Di luar itu berbayar. Tapi saat ini, kami masih memberikan secara gratis bagi masyarakat di luar kelompok tersebut,” kata Kepala Dinkes Kota Bandung Anhar Hadian, Rabu 10 Januari 2024.

Anhar menambahkan pemberian vaksin Covid-19 secara gratis di 80 unit Puskesmas di Kota Bandung bisa dilakukan kepada masyarakat umum untuk dosis penguat atau booster kedua maupun ketiga (vaksin kelima).

Baca Juga: RS Jantung dan Pembuluh Darah Terlengkap dan Modern Segera Dibangun di Kawasan Parkland Podomoro Karawang

“Ini digunakan untuk vaksin penguat ketiga, tapi kalau masyarakat belum mendapatkan vaksin penguat kedua tentu diperbolehkan,” ujar dia.

Untuk itu Anhar mengajak masyarakat mendatangi puskesmas terdekat untuk mendapatkan vaksin booster guna membantu menekan angka penularan kasus Covid-19 di Kota Bandung.

“Kami sudah menyebarkan ke seluruh puskesmas di Kota Bandung, memang laporannya masyarakat masih kurang minat untuk vaksinasi,” ungkapnya.

Baca Juga: Menanti Gemuruh Prawira Family di C-tra Arena

Pada pelaksanaannya, Anhar menjelaskan, setiap puskesmas akan menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 dosis booster ketiga setelah ada minimal lima warga yang mendaftarkan diri.

“Puskesmas itu kalau mau buka vaksin pasti hati-hati. Karena diambil satu vial, lebih dari 24 jam pasti kedaluwarsa. Jadi petugas puskesmas mengumpulkan masyarakat yang ingin di vaksin,” terangnya.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah