Daftar 19 KA Dibatalkan dan Putar Rute Perjalanan Dampak Tabrakan Kereta Api di Cicalengka-Haurpugur

- 5 Januari 2024, 17:00 WIB
Evakuasi Kereta Api Turangga dan KA Commuter Line Bandung Raya yang terlibat tabrakan di Petak Cicalengka - Haurpugur Bandung hari ini Jumat, 5 Januari 2024.
Evakuasi Kereta Api Turangga dan KA Commuter Line Bandung Raya yang terlibat tabrakan di Petak Cicalengka - Haurpugur Bandung hari ini Jumat, 5 Januari 2024. /Ilham Zafran/prfmnews

 

PRFMNEWS - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengumumkan ada total 19 kereta api (KA) yang mengalami pembatalan operasional dan tetap beroperasi namun harus memutar rute perjalanan akibat insiden kecelakaan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya di petak jalan Stasiun Haurpugur – Cicalengka pada hari ini, Jumat 5 Januari 2024.

KAI merincikan sebanyak 9 perjalanan kereta api dibatalkan akibat tabrakan KA Turangga dan KA Commuter Line Bandung Raya hari ini. Sementara 10 KA beroperasi dengan rekayasa operasional memutar rute ke jalur Cikampek (Ckp) – Cirebon (Cn) – Prupuk (Ppk) – Purwokerto (Pwt) – Kroya (Kya) untuk melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta, Solo Balapan, hingga Surabaya.

Sehingga akibat tabrakan dua kereta api tersebut, KA-KA di Daop 2 Bandung yang seharusnya secara normal beroperasi melintasi jalur Bandung (Bd) – Kiaracondong (Kac) – Tasikmalaya – Banjar – Kroya dan seterusnya, untuk sementara waktu dialihkan lintas rute perjalanannya memutar melalui Cikampek hingga Kroya.

Baca Juga: Kemenhub Turunkan Tim Evakuasi Korban dan Kereta Insiden Tabrakan KA Lokal Bandung Raya dan Turangga

Pembatalan perjalanan dan pengalihan rute operasional KA-KA ini, kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, karena jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka mengalami kerusakan sehingga untuk sementara tidak bisa dilalui. Saat ini sedang melakukan upaya evakuasi 2 rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang rusak akibat kecelakaan tersebut.

“Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur – Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain,” ujar Joni dalam keterangan resminya, Jumat 5 Januari 2024.

Berikut daftar perjalanan kereta api di Daop 2 Bandung yang mengalami pembatalan dan pengalihan rute lintas imbas terjadinya insiden tabrakan KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dengan KA Commuter Line Bandung Raya rute Padalarang – Cicalengka pada Jumat pagi.

Baca Juga: Menko PMK Muhadjir Effendy Pastikan Semua Penumpang KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya Sudah Dievakuasi

A. KA Yang Batal Perjalanannya

1. KA 92 (Lodaya) lintas Bd-Kya (SF 10 Kereta)

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x