Warga Bandung yang Positif Cacar Monyet Jalani Isolasi di RSHS

- 31 Oktober 2023, 19:00 WIB
RSHS Bandung
RSHS Bandung /PRFMNEWS.ID

PRFMNEWS - Seorang warga asli kota Bandung berjenis kelamin pria berusia 36 tahun dinyatakan positif cacar monyet atau monkeypox berdasarkan hasil pemeriksaan lab RS Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Bandung, dr. Ira Dewi Jani menyampaikan, saat ini pasien cacar monyet tersebut sedang dalam masa isolasi di RSHS Bandung.

Kata Ira, sampai 21 hari ke depan, Dinkes terus memantau anggota keluarga yang serumah dengan pasien. Sembari berusaha mencari kontak erat lainnya.

Baca Juga: Kronologi Ditemukannya Kasus Cacar Monyet di Kota Bandung

"Kalau kontak erat, baru dengan orang serumahnya karena pasien sudah di ruang isolasi RSHS, belum bisa kita tanya lebih lanjut. Jadi untuk penularannya belum tahu dari mana. Belum tahu juga apakah ada orang yang punya tanda atau gejala yang mirip dengan yang dia alami," tuturnya.

Pasien ini, kata Ira, awalnya memeriksakan diri ke puskesmas pada 23 Oktober 2023 dan kemudian dirujuk ke RSHS karena gejala yang dialaminya.

"Kronologisnya, tanggal 23 Oktober 2023, pasien ke puskesmas karena sudah ada lesi yang muncul di badannya, maka dicurigai ke arah monkeypox. Lalu tanggal 24 Oktober dirujuk ke RSHS. Kita dapat hasil labnya tanggal 27 Oktober. Diagnosa pastinya keluar dari hasil pemeriksaan lab RS Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso," papar Ira.

Baca Juga: Duh! Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Bandung

Dari hasil pemantauan sampai Senin, 30 Oktober 2023, kondisi pasien secara klinis masih stabil. Namun, belum bisa dipulangkan karena masih ada serangkaian tes dan pemeriksaan untuk memastikan kondisinya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x