Penerbangan Dialihkan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati, Kunjungan Wisata ke Kota Bandung Turun?

- 30 Oktober 2023, 08:00 WIB
Sejumlah pesawat jet komersial terbang terakhir dari Bandara Husein Sastranegara Bandung, Sabtu, 28 Oktober 2023.
Sejumlah pesawat jet komersial terbang terakhir dari Bandara Husein Sastranegara Bandung, Sabtu, 28 Oktober 2023. /DeskJabar/Kodar Solihat



PRFMNEWS - Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menepis kekhawatiran kunjungan wisatawan ke Kota Bandung akan menurun akibat pengalihan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati.

"Menurut saya kekhawatiran itu memang akan bisa terealisasi kalau antisipasinya atau mitigasinya terhadap kekhawatiran tadi tidak terjadi, karena yang dikhawatirkan itu adalah akses transportasi daratnya dari dan ke Kertajati," ujarnya seperti dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Minggu 29 Oktober 2023.

Awaluddin mengharapkan Pemerintah Kota Bandung dapat merespons dengan menghadirkan transportasi massal untuk meningkatkan konektivitas ke Bandara Kertajati.

Baca Juga: 391 Orang Terpaksa Mengungsi Akibat Kebakaran Gunung Merbabu

Ia menyatakan, Pemerintah Kota Bandung harus progresif merespons terhadap dukungan transportasi publiknya yang lebih massal.

"Ini yang harus diskenariokan oleh pemerintah daerah, khususnya kalau Bandung misalnya kekhawatiran kehilangan visitors atau turis ya, walaupun itu juga mungkin wisatawan domestik. Buatlah semudah dan senyaman mungkin, turun di Kertajati mau ke mana saja," paparnya.

Dikatakan Awaluddin, Pemerintah Kota Bandung juga telah merencanakan pembangunan transportasi massal bus rapid transit (BRT) di kawasan Bandung Raya yang diharapkan dapat mendukung konektivitas ke Bandara Kertajati.

Baca Juga: Tidak Melulu Wisata Kuliner, Pemkot Bandung juga Kembangkan Wisata Medis

"Katakanlah Pemerintah Kota Bandung merespons dengan situasi itu, dibuatlah program BRT untuk Kota Bandung dan ke Kertajati dan sebaliknya," tambahnya.

Sejumlah daftar maskapai yang melayani berbagai rute penerbangan domestik (dalam negeri) menggunakan pesawat bermesin jet dari dan ke Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung akan dipindah ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, mulai 29 Oktober 2023.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x