Cara Pemkot Bandung Agar TPS Sementara Gedebage Tak Timbulkan Bau Menyengat

- 8 September 2023, 20:30 WIB
Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna saat meninjau lokasi pembangunan TPS Sementara di lahan PTLSa Gedebage, Rabu 6 September 2023.
Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna saat meninjau lokasi pembangunan TPS Sementara di lahan PTLSa Gedebage, Rabu 6 September 2023. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berupaya mengakselerasi operasional TPS darurat di lahan yang sebelumnya ditargetkan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dekat Stadion GBLA, Gedebage, Kota Bandung.

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna menegaskan TPS darurat di lahan PLTSa Gedebage ini hanya difungsikan sebagai tempat pembuangan sampah sementara.

"Kita siapkan lahan 2 hektar di Gedebage untuk TPS Darurat Sementara. Ini hanya untuk penimbunan sementara, setelah ritasi normal, kita kirimkan kembali ke TPA Sarimukti," kata Ema Sumarna, Kamis 7 September 2023.

Baca Juga: Ada Rekayasa Lalin di Jalan Asia Afrika Karena Ada Acara Anugerah Ikon Prestasi Pancasila dan Kirab Pancasila

Untuk mencegah bau menyengat dari tumpukan sampah di TPS darurat Gedebage, Ema Sumarna menyebut, pihaknya telah memiliki cara untuk mengantisipasi hal tersebut.

Mengingat skema pembuangan sampah di TPS darurat Gedebage ini tidak akan dikubur seperti di TPS darurat Tegalega, namun dibuang seperti biasa. Dimana kapasitas TPS darurat Gedebage dapat menampung 30.000 meter kubik atau 10.000 ton sampah.

Ema menuturkan bahwa nantinya sampah yang dibuang ke TPS darurat Gedebage akan diberikan cairan Eco Enzyme untuk mempercepat kompos dan mengurangi bau tidak sedap.

Baca Juga: Besok Ada Acara Kirab Pancasila di Jalan Asia Afrika Kota Bandung

Sebelumnya, selain di Gedebage dan Tegalega, Pemkot Bandung juga telah membuat TPS darurat sementara di kawasan Cibiru.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x