Pemkot Bandung Siapkan TPS Sementara Ketiga di Gedebage Imbas TPA Sarimukti Masih Dibatasi

- 6 September 2023, 22:00 WIB
Lokasi pembangunan TPS Sementara di Gedebage, di lahan perencanaan PLTSa Gedebage, Kota Bandung, Rabu 6 September 2023
Lokasi pembangunan TPS Sementara di Gedebage, di lahan perencanaan PLTSa Gedebage, Kota Bandung, Rabu 6 September 2023 /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terpaksa menyiapkan tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di kawasan Gedebage. TPS sementara ini adalah yang ketiga disiapkan karena operasional tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat masih dibatasi.

Lokasi TPS sementara ketiga yang sedang disiapkan Pemkot Bandung berada di lahan seluas 25 hektare di yang sebelumnya sempat direncanakan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Tepatnya di seputaran Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jalan Pendamping Tol (Arah Babakan Sayang), Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

Baca Juga: Rektor Paparkan Bentuk Tugas Akhir Mahasiswa Unpad Usai Mendikbud Tak Lagi Wajibkan Skripsi

"Kita ada lahan di sini 25 hektar milik Pemkot. Ini akan jadi lokasi tempat penampungan sementara," ujar Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna, Rabu 6 September 2023.

Ema Sumarna menjelaskan, saat ini Kota Bandung masih kesulitan untuk mencari lokasi pembuangan sampah karena kondisi TPA Sarimukti yang masih terjadi kebakaran.

"Darurat sampah masih berlaku, dan kita bicara ideal TPA Sarimukti itu tidak seperti apa yang kita bayangkan. Hingga kemarin (Selasa 5 September 2023) asap masih pekat (di TPA Sarimukti). Pembakaran itu masih ada, karena kedalaman sampah 50 meter," terangnya.

"Dampaknya, ritasi bukan bertambah, tetapi kita semakin dibatasi. Biasanya 241 ritasi, sekarang hanya 89 ritasi. Kalau itu terjadi setiap hari artinya tetap sampah 600-700 ton yang tertahan, itu kalau sehari," imbuhnya.

Baca Juga: Bakar Sampah dengan Insinerator PLTSa jadi Solusi Pengelolaan Sampah di Bandung Raya?

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah