Jelang Ramadhan 2024, MUI Beri 5 Pesan Bagi Umat Islam

- 4 Maret 2024, 08:00 WIB
ilustrasi Ramadhan
ilustrasi Ramadhan /Pexels.com/Rayn L

PRFMNEWS – Sambut datangnya bulan Ramadhan 1445 H/2024 M, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan lima pesan kepada umat Islam di Indonesia.

Pesan menyambut Ramadhan 2024 ini disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) MUI Amirsyah Tambunan.

"Pertama, menyambut Ramadhan dengan saling memaafkan dengan permohonan kepada Allah SWT," kata Amirsyah Tambunan dalam keterangan tertulis di laman resmi MUI, Sabtu 2 Maret 2024.

Kedua, Amirsyah berpesan agar membaca doa saat melihat hilal Ramadhan, yang merupakan momen penanda dimulainya bulan suci tersebut. Karena pada momen tersebut, dianjurkan untuk membaca doa khusus yang berisi rasa syukur dan doa untuk kelancaran ibadah puasa.

Salah satu doa yang dianjurkan menurutnya adalah: "Ya Allah, perlihatkanlah hilal itu kepada kami dengan keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, hilal petunjuk dan kebaikan." (Kitab Riyadhus Shalihin).

Ketiga, menyucikan niat menjelang Ramadhan untuk menyucikan niat dalam beribadah.

"Hal ini agar ibadah puasa di Bulan Ramadhan dijalankan dengan ikhlas dan semata-mata karena Allah SWT," ujarnya.

Keempat, imbuh dia, mempersiapkan kesehatan fisik dan mental, sebagai modal penting untuk menjalankan ibadah puasa dengan menjaga pola makan yang halal dan thayyib (baik), olahraga, dan istirahat yang cukup sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh makna.

Kelima, memperdalam Ilmu di Bulan Ramadhan sebagai bulan tarbiyah (pendidikan), agar dapat meningkatkan kualitas keilmuan melalui kurikulum kehidupan selama Ramadan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x