Skenario Perpindahan ASN ke IKN Sudah Mulai Disiapkan

- 23 Januari 2024, 13:30 WIB
Ilustrasi ASN/ Freepik @jcomp
Ilustrasi ASN/ Freepik @jcomp /

PRFMNEWS - Pemerintah mulai menyiapkan beberapa skenario untuk memindahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk memastikan kinerja pemerintahan berjalan di sana.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan, pihaknya sudah menerima arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempersiapkan secara matang skenario perpindahan ASN ke IKN.

“Pada akhir pekan lalu di mana Kementerian PANRB diminta untuk mengoordinasikan skenario perpindahan ASN yang komprehensif dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Kami menyiapkan beberapa skenario, mulai dari skenario ideal hingga skenario bertahap,” kata Anas dalam pernyataan tertulisnya dikutip Selasa, 23 Januari 2024

Kementerian PANRB hingga saat in terus memetakan jumlah ASN yang akan pindah bekerja di IKN.

Baca Juga: Di Brunei Darussalam Presiden Jokowi Paparkan Potensi Investasi di IKN

Kata Anas, dinamika terkait pemindahan ASN ini terus berkembang, menyesuaikan dengan kemampuan pembangunan di IKN serta jumlah hunian yang akan siap untuk dihuni nantinya.

Untuk menyiapkan skenario pemindahan ASN ini disusun bersama dengan Otorita IKN (OIKN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Selain itu, koordinasi juga dilakukan dengan unsur pertahanan dan keamanan yang melibatkan Kementerian Pertahanan (Kemenhan), TNI, serta Polri.

Anas menegaskan, pihaknya juga akan mengintensifkan koordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait data pemetaan jumlah ASN yang akan pindah dari masing-masing instansi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x