Presiden Jokowi Minta Pemerintah dan BUMN Kolaborasi Ciptakan Integrasi Antar Moda Transportasi Massal

- 28 September 2023, 09:30 WIB
Penumpang saat masuk ke Stasiun LRT Jabodebek.
Penumpang saat masuk ke Stasiun LRT Jabodebek. /PT KAI/

PRFMNEWS - Saat ini moda transportasi massal di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabodebek) kian lengkap dengan hadirnya LRT, MRT, hingga kereta cepat.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin ada integrasi antar moda transportasi massal di Jabodebek.

Dalam integrasi antar moda ini, Presiden Jokowi meminta agar pemerintah pusat, pemerintah daerah (pemda), dan badan usaha milik negara (BUMN) bekerja sama.

Demikian diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Jokowi, Rabu, 27 September 2023.

Baca Juga: Jokowi Minta Ada Integrasi Antara Moda Transportasi Massal untuk Kemudahan dan Kenyamanan

“Presiden meminta kami untuk mengintegrasikan sistem moda di Jabodetabek, jadi jangan pecah-pecah ada BUMN, ada pemda, ada pusat. Jadi bagaimana sistem angkutan terintegrasi ini dibuat dalam satu organisasi,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya untuk menyelesaikan organisasi tersebut dalam waktu satu bulan. Dalam pengintegrasian tersebut, kata Luhut, juga akan diatur mengenai pembelian tiket terusan atau tiket bulanan untuk pembayaran moda transportasi.

“Nanti [diatur] bagaimana orang bisa beli karcis terusan, nanti karcis bulanan untuk satu angkutan. Misalnya dari Bogor, kemudian naik LRT, terus nanti mungkin yang campur dengan bus Transjakarta dan seterusnya. Atau dari Bandung naik speed train ke Jakarta, langsung LRT, langsung nanti busway,” kata Luhut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x