Indonesia Termasuk Daerah 'Sabuk Talasemia' Yuk, Kenali Bahaya dari Penyakit Talasemia!

- 10 Mei 2023, 11:20 WIB
Ilustrasi talasemia.
Ilustrasi talasemia. /Pixabay/Mohamed Hassan

PRFMNEWS - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) membeberkan, saat ini pasien yang menderita penyakit talasemia didominasi oleh usia remaja yang sedang memasuki fase pubertas. Usia remaja yang mengidap talasemia atau kelainan darah merah bawaan ini sekitar 14 hingga 15 tahun.

Praktisi kesehatan dokter spesialis anak, dr. Agus Fitrianto, Sp.A (K) menyebutkan, di Indonesia terdapat cukup banyak penderita talasemia karena Indonesia termasuk dalam daerah sabuk talasemia.

"Di Indonesia sendiri cukup banyak kasus talasemia karena dilewati oleh sabuk talasemia," katanya dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Penderita Darah Tinggi Wajib Hindari 5 Makanan Olahan Buah ini, Diungkap Oleh Dokter Saddam Ismail

Agus menjelaskan, penyakit talasemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelainan genetik yang dibawa oleh salah satu nenek moyang yang melintasi wilayah Indonesia pada zaman dahulu.

Agus menambahkan talasemia dapat menurun secara genetik kepada anak penderita talasemia jika seseorang pembawa gen menikah dengan seseorang lainnya yang juga membawa gen talasemia yang kemudian melahirkan keturunan.

"Idealnya, kalau ada anggota keluarga memiliki gejala talasemia, maka keluarga wajib melakukan skrining untuk membantu langkah penanganannya," kata dokter yang praktik di Rumah Sakit Umum Daerah Prof Dr. Margono, Banyumas, Jawa Tengah itu.

Baca Juga: Mantan Pemain Persib Bandung ini Hijrah ke Persebaya Surabaya

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah