Bendungan Sukamahi dan Ciawi Bogor Membuat 12 Kelurahan di DKI Jakarta Tidak Banjir Lagi, Kata Presiden Jokowi

- 23 Desember 2022, 21:00 WIB
Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi di Bogor menurut Presiden Jokowi bisa buat 12 kelurahan di Jakarta tidak banjir lagi.
Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi di Bogor menurut Presiden Jokowi bisa buat 12 kelurahan di Jakarta tidak banjir lagi. /BPMI Setpres

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua bendungan baru di wilayah Kabupaten Bogor, yakni Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi pada Jumat, 23 Desember 2022.

Pada peresmian Bendungan Sukamahi dan Ciawi Bogor ini, Presiden Jokowi juga menitipkan dua pesan khusus bagi Gubernur DKI Jakarta terkait upaya menangani banjir ibukota yang sudah menjadi masalah klasik.

Presiden Jokowi menyatakan, keberadaan Bendungan Sukamahi dan Ciawi Bogor yang dibangun sebagai Dry Dam atau bendungan kering ini akan membuat 12 kelurahan di DKI Jakarta terbebas dari banjir.

Baca Juga: Akhir Tahun, 2 Ruang Publik Baru Hadir di Bandung, Yana Mulyana: Agar Indeks Kebahagiaan Warga Meningkat

“Keberadaan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi akan membuat sekitar 12 kelurahan di DKI Jakarta tidak terdampak banjir lagi,” ujar Jokowi dalam sebuah unggahan di akun Instagram-nya, 23 Desember 2022.

Lebih lanjut Jokowi memaparkan dua pesan kepada Gubernur DKI terkait upaya penangan banjir Jakarta yang menurutnya jadi satu masalah yang sudah melekat semenjak dulu, selain macet dan tata ruang.

“Pertama, siapapun Gubernur Jakarta, harus mengerjakan tiga hal: melakukan normalisasi terhadap 13 sungai yang mengalir di Kota Jakarta, manajemen pemompaan waduk-waduk yang ada di Jakarta, serta menyelesaikan pembangunan tanggul laut atau giant sea wall,” ujarnya.

Baca Juga: Akan Ada Car Free Night di Kota Bandung Saat Malam Tahun Baru Nanti, ini Lokasinya

Presiden menilai, jika tiga hal tersebut tidak mampu diselesaikan, maka sampai kapan pun Jakarta akan tetap menjadi langganan banjir saat musim penghujan tiba.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x