Erick Thohir Kritik Toilet SPBU Berbayar, Komisi VI DPR: Itu Bukan Salah Pertamina Tapi...

- 24 November 2021, 16:48 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir berbincang dengan penjaga toilet di SPBu Malasan, Probolinggo/ Capture Ig erickthohir
Menteri BUMN Erick Thohir berbincang dengan penjaga toilet di SPBu Malasan, Probolinggo/ Capture Ig erickthohir /Zona Surabaya Raya/

PRFMNEWS - Baru-baru ini viral video Erick Thohir mengkritik toilet SPBU Pertamina swasta yang berbayar di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur.

Menanggapi kritik Menteri BUMN tersebut, Anggota Komisi VI DPR RI Rafli, menyebut bahwa fenomena toilet umum SPBU berbayar itu bukan kesalahan Pertamina.

Menurut Rafli, Pertamina sebagai salah satu BUMN sudah menerapkan aturan yang tegas soal pelayanan kepada masyarakat. Ia mengatakan adanya penerapan tarif pada fasilitas toilet SPBU Pertamina akibat pemilik SPBU tersebut yang tidak taat aturan.

Baca Juga: Lawan Persiraja Hari Ini: Persib Pakai Jersey Serba Hitam, Beberapa Pemain Diragukan Tampil

Anggota Komisi VI DPR RI Rafli
Anggota Komisi VI DPR RI Rafli /Dok DPR RI.

"Jadi kalau ada toilet di SPBU yang tidak gratis, itu bukan salah Pertamina. Tetapi karena pengusaha SPBU swasta tersebut yang tidak patuh aturan atau SOP terkait fasilitas layanan umum yang sudah dikeluarkan Pertamina," kata Rafli dikutip prfmnews.id dari situs ANTARA pada 24 November 2021.

Rafli menambahkan, seharusnya fasilitas layanan umum di SPBU seperti musala dan toilet yang nyaman dan bersih sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat perlu digratiskan.

Ia pun mengimbau pada seluruh SPBU Pertamina, khususnya yang dikelola swasta, untuk menaati aturan atau Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait fasilitas layanan umum yang disediakan untuk masyarakat.

Baca Juga: Begini Kondisi Bocah 10 Tahun Asal Cihampelas Bandung Barat yang Tertembak Peluru Nyasar di Teras Rumahnya

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x