Ini Dia Manfaat Kolang Kaling untuk Penderita Diabetes

- 20 September 2022, 19:40 WIB
Buah Kolang kaling
Buah Kolang kaling /PIKIRAN RAKYAT/ Bambang Arifianto/

PRFMNEWS - Kolang-kaling adalah makanan yang biasanyanya dijadikan kolak atau sekedar camilan sehari-hari. Sebenarnya banyak ragam manfaat dari kolang-kaling itu sendiri.

Mamun khususnya untuk penderita diabetes, kira-kira apa saja ya manfaatnya? Mari kita simak penjelasan Dokter Cahyo Edukes seperti dikutip dari kanal Youtube dr.Cahyo Edukes berikut ini.

Pertama, kolang kaling bermanfaat untuk membantu mengontrol gula darah penderita diabetes.

Jadi perlu diketahui bahwasanya kolang-kaling ini termasuk makanan yang aman bagi penderita diabetes, di mana kolang-kaling ini memiliki indeks glikemik di bawah 55 yang artinya kolang kaling ini termasuk makanan dengan indeks glikemiks yang rendah.

Baca Juga: Kolang-kaling Mampu Kontrol Gula Darah dan Risiko Komplikasi Diabetes, kata Dokter Cahyo

Kemudian beban glikemik dari kolang-kaling ini ternyata di bawah 10, hal ini menunjukkan bahwasanya kolang-kaling termasuk dalam makanan dengan beban glikemik yang rendah.

Selain itu kolang-kaling ini termasuk makanan yang rendah kalori, rendah karbohidrat rendah, kandungan lemak, serta tinggi kandungan serat sehingga kolang-kaling ini bisa dimanfaatkan sebagai makanan tambahan agar penderita diabetes tetap kenyang saat berusaha mengurangi konsumsi dari nasi.

Yang nomor dua ini menurunkan resiko terjadinya komplikasi akibat diabetes. Jadi dengan indeks glikemiks yang rendah, beban glikemik yang rendah, serta tingginya kandungan serat ini kolang-kaling bermanfaat untuk menurunkan gula darah penderita diabetes.

Kemudian kandungan lemak yang rendah itu pun juga didominasi oleh lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan ditambah dengan kandungan serat yang tinggi ini akan bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada penderita diabetes dan kolang kaling ini pun tinggi kandungan kalium yang bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah dari penderita diabetes.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x