Segera Periksakan ke Dokter Jika Batuk Disertai Gejala-Gejala Berikut Ini

- 24 Maret 2022, 17:09 WIB
Ilustrasi batuk
Ilustrasi batuk /Pexels.com/gustavo fring

PRFMNEWS – Jika Anda mengalami batuk dan disertai dengan gejala-gejala berikut ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, batuk adalah cara tubuh Anda merespon ketika ada sesuatu yang mengiritasi tenggorokan atau saluran udara Anda.

Iritasi merangsang saraf yang mengirim pesan ke otak Anda. Otak kemudian memberitahu otot-otot di dada dan perut Anda untuk mendorong udara keluar dari paru-paru Anda untuk mengeluarkan iritasi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Varises Secara Alami? Simak Penjelasan dr. Zaidul Akbar Berikut Ini

Baca Juga: Kapan Waktu yang Baik untuk Mengkonsumsi Rimpang? Simak Penjelasan dr. Zaidul Akbar Ini

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, siapapun bisa terkena batuk. Namun beberapa orang lebih mungkin terkena batuk daripada yang lain, seperti, zat asap, vape, memiliki penyakit kronis terutama yang melibatkan paru-paru atau sistem saraf, memiliki alergi dan anak-anak, terutama jika mereka berada di tempat penitipan anak atau sekolah.

Seperti dikutip dari laman Healthline, sebagian besar batuk akan sembuh atau setidaknya membaik secara signifikan dalam waktu dua minggu, tetapi jika batuk tidak kunjung sembuh dan disertai dengan gejala berikut ini maka segera periksa ke dokter, gejala yang harus diwaspadai antara lain;

- Demam

- Nyeri dada

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x